Penyebab Sakit Kepala Migrain yang Jarang Diketahui. Mungkin Anda Pernah Mengalaminya?

Penyebab Sakit Kepala Migrain yang Jarang Diketahui. Mungkin Anda Pernah Mengalaminya?

Meski berbagai penelitian sudah dilakukan, namun penyebab pasti sakit kepala sebelah sampai hari ini masih menjadi misteri. Para ahli akhirnya menarik kesimpulan bahwa ada beberapa faktor yang dianggap dapat memicu migrain, salah satunya adalah faktor genetik. Selain itu masih ada berbagai penyebab sakit kepala migrain yang jarang diketahui. Mungkin, Anda pernah mengalaminya?

Penyebab Sakit Kepala Migrain

  • Perubahan hormon

National Migraine Centre menyebutkan bahwa wanita memiliki risiko tiga kali lebih besar untuk mengalami migrain dibandingkan pria. Hal ini biasanya dikarenakan adanya perubahan hormon, terutama pada saat menstruasi, menopause, maupun penggunaan kontrasepsi hormonal. Keluhannya pun bisa semakin parah di waktu tertentu, misalnya saat menjelang maupun setelah menstruasi.

  • Konsumsi minuman dan makanan tertentu

Mengonsumsi makanan dan minuman tertentu ternyata juga bisa memicu perubahan hormon seseorang. Beberapa minuman yang memicu timbulnya migrain diantaranya produk susu, alkohol, dan minuman yang mengandung pemanis buatan. Sedangkan makanan yang memicu sakit kepala sebelah diantaranya dark chocolate, daging yang diawetkan, makanan yang mengandung MSG (penyedap buatan), makanan olahan, hingga dairy product.

Baca Juga: 5 Makanan Terbaik Ini Bisa Bantu Menghilangkan Sakit Kepala yang Disertai Demam. Apa Saja, Ya?

  • Pola tidur

Seseorang dengan pola tidur yang kurang baik juga memiliki risiko mengalami sakit kepala sebelah, apalagi jika tergolong insomnia. Idealnya, orang dewasa tidur selama enam hingga delapan jam diantara jam sepuluh malam sampai jam enam pagi. Meski tidak mudah memenuhi target jam tidur ini, Anda tetap harus memperbaikinya secara bertahap untuk mendapatkan tubuh yang lebih segar dan mengurangi frekuensi munculnya sakit kepala sebelah.

  • Perubahan cuaca

Perubahan cuaca yang cukup ekstrim juga bisa menjadi pemicu sakit kepala sebelah yang cukup mengganggu. Dalam kondisi ini, tubuh dituntut untuk beradaptasi terhadap cuaca dengan lebih keras akibat adanya perubahan yang mendadak, sehingga menimbulkan sakit berdenyut di kepala. Sebagian orang mungkin lebih sensitif terhadap cuaca panas atau dingin. Kenali kondisi tubuh Anda agar bisa mengantisipasinya.

Baca Juga: Hati-hati Sakit Kepala Sebelah Saat Pergantian Musim

  • Stres

Faktor stress memang sulit dikendalikan, padahal sangat berpengaruh terhadap munculnya sakit kepala sebelah. Stres fisik akibat aktivitas yang terlalu berat maupun stres psikologis yang muncul akibat beban pikiran merupakan pemicu sakit kepala sebelah yang paling besar.

Apakah Anda pernah mengalami salah satu penyebab migrain yang jarang diketahui di atas? Jika ya, perbaikan pola hidup mungkin perlu dilakukan. Segera minum obat untuk sakit kepala sebelah jika diperlukan. Namun, jika sakit kepala sebelah yang kamu rasakan tak kunjung membaik, ada baiknya berkonsultasi segera berkonsultasi kepada dokter. Ingat, jangan sembarangan minum obat karena beda sakit kepala, beda obatnya!