Pergantian cuaca dapat memengaruhi banyak hal. Termasuk juga kondisi kesehatan tubuh. Di waktu-waktu seperti inilah daya tahan tubuh Anda terkadang turun dan mudah terserang penyakit. Bahkan, kadang-kadang, sakit kepala sebelah juga lebih sering muncul. Ternyata perubahan cuaca dan sakit kepala sebelah memang  memiliki keterkaitan.

Pengaruh Perubahan Tekanan Udara

Seperti dilansir dari American Migraine Foundation, Cynthia Armand, MD, seorang dokter di Montefiore Medical Center di New York, mempelajari bagaimana perubahan musim mempengaruhi orang-orang dengan migrain. Armand mengatakan bahwa perubahan cuaca dan transisi antar musim dapat mempengaruhi gejala migrain - tetapi ada cara untuk mengurangi efek tersebut.

Ada “zat atau kondisi” tertentu yang dapat memicu serangan migrain, termasuk beberapa perubahan halus yang menyertai pergeseran antar musim, kata Armand. Pemicu ada baiknya diantisipasi. Perubahan tekanan barometrik atau tekanan atmosfer adalah pemicu potensial bagi orang-orang dengan migrain. Tekanan barometrik berfluktuasi seiring perubahan musim, dan variasi tersebut dapat memicu serangan migrain.

“Kepala kita terdiri dari kantong udara yang kita sebut sinus. Biasanya, kantong udara itu berimbang dengan tekanan atmosfer, ”kata Armand. "Ketika ada perubahan dalam tekanan atmosfer, terjadilah pergeseran, perubahan mendadak itu dapat memicu migrain, kata Armand.

Perubahan susu dari musim kemarau yang panas ke musim hujan yang dingin bisa menjadi pemicu juga. Meskipun perubahan musim ini akan memiliki pengaruh lebih besar pada orang-orang di negara 4 musim.

Menghindari Pemicu Musiman

Untuk menghindari serangan migrain akibat pemicu musiman, Usahakanlah agar Anda selalu hidup teratur baik soal makanan dan menunya, olahraga, maupun jam tidur. Sebab otak penderita migrain menyukai segala sesuatu yang terjadwal, dengan menjaga rutinitas Anda tetap teratur maka potensi munculnya migrain dapat diminimalisir.

Untuk kondisi cuaca ekstrim seperti sangat panas atau sangat dingin, Anda harus memperhatikan jumlah air yang dikonsumsi. Sebab baik cuaca yang panas atau dingin keduanya berisiko menyebabkan dehidrasi dan dehidrasi dapat memicu migrain.

Namun jika migrain menyerang, segera obati dengan memberikan obat yang tepat. Bodrex Migra misalnya, dapat mengatasi sakit kepala sebelah secara tepat dan cepat dengan kandungan paracetamol dan propifenazon di dalamnya. Migrain? Obati dengan bodrex Migra agar Anda bisa beraktivitas dengan lancar!

ARTIKELTERKAIT

Tempo Scan Home Delivery, Penuhi Kebutuhan Belanja Produk Tempo Scan Group #diRumahAja
20-May-2020

Tempo Scan Home Delivery, Penuhi Kebutuhan Belanja Produk Tempo Scan Group #diRumahAja

Pandemi COVID-19 telah memaksa kita semua untuk menjaga jarak dan melakukan berbagai aktivitas #dirumahaja. Namun,hal ini tidak berarti membuat Anda .... read more
Praktis, Ini Obat Pereda Sakit Kepala dan Demam Tinggi Saat #dirumahaja
13-May-2020

Praktis, Ini Obat Pereda Sakit Kepala dan Demam Tinggi Saat #dirumahaja

Oleh karena itu, jika sakit kepala mulai melanda akibat stress saat berada di rumah, ini dia solusi untuk meringankan rasa .... read more
Cara Seru Mencegah Penularan Covid-19 dan Mengurangi Rasa Panik saat Pandemi
09-May-2020

Cara Seru Mencegah Penularan Covid-19 dan Mengurangi Rasa Panik saat Pandemi

Namun, ternyata masih ada cara seru mencegah penularan covid-19 dan mengurangi rasa panik yang bisa Anda lakukan meski #dirumahaja, lho. .... read more