Keluhan Sakit Kepala Sebelah Membuat Anda Susah Tidur? Yuk, Atasi dengan Beberapa Cara Berikut Ini!

Keluhan Sakit Kepala Sebelah Membuat Anda Susah Tidur? Yuk, Atasi dengan Beberapa Cara Berikut Ini!

Ada banyak hal yang dapat menyebabkan Anda mengalami kesulitan tidur nyenyak. Gangguan kesehatan adalah salah satunya. Paling sering terjadi dan disepelekan adalah sakit kepala sebelah. Sakit kepala dianggap lazim dan bisa dihilangkan dengan tidur, padahal masalah satu ini justru bisa menyebabkan Anda sulit mendapatkan tidur yang berkualitas. Nah, apakah keluhan sakit kepala membuat Anda susah tidur? Yuk, atasi dengan beberapa cara berikut ini!

1. Merelaksasi tubuh

Sakit kepala bisa terjadi akibat tubuh yang terlalu lelah. Jadi temukanlah cara agar tubuh Anda bisa merasa lebih santai. Misalnya saja dengan mandi air hangat, memasang aroma therapy, minum susu hangat, dan menghentikan aktivitas berat seperti olahraga kira-kira 2 jam sebelum waktu tidur. Dengan demikian, tubuh punya cukup waktu untuk recovery dan menormalisasi detak jantung. Tubuh yang santai akan lebih mudah tidur nyenyak.

2. Menghentikan pemakaian gadget

Hentikan pemakaian gadget setidaknya 30-60 menit sebelum tidur. Cahaya dari layar gadget akan membuat Anda lebih sulit tidur. Selain itu aktivitas mengecek email ataupun scrolling media sosial juga dapat meningkatkan kecemasan sehingga membuat Anda sulit merasa santai. Jadi cobalah singkirkan gadget Anda jika ingin mendapatkan tidur berkualitas.

Baca Juga: Benarkah Radiasi Gadget Bisa Memicu Sakit Kepala Belakang

3. Mengelola waktu tidur

Tidur terlalu banyak atau terlalu sedikit tidur dapat memperparah sakit kepala pada individu mana pun. Jadi Anda perlu mengelola waktu tidur dengan efektif sesuai dengan kebutuhan tubuh. Misalnya, ada beberapa orang merasa segar setelah tidur siang, sementara sebagian lainnya justru merasa tidur siang justru membuat tidur malam mereka kurang nyenyak. Kenali pola tidur seperti apa yang cocok untuk Anda. Setelah itu terapkan dengan konsisten, tidur dan bangunlah di jam yang sama. Jika Anda membutuhkan tidur siang, coba lakukan power nap selama 10 – 30 menit.

4. Mengonsumsi obat sakit kepala    

Segera minum obat untuk sakit kepala sebelah jika diperlukan. Namun, jika sakit kepala sebelah yang Anda rasakan tak kunjung membaik, ada baiknya berkonsultasi segera berkonsultasi kepada dokter. Ingat, jangan sembarangan minum obat karena beda sakit kepala, beda obatnya!

Baca Juga: Usir Keluhan Sakit Kepala dengan Makanan Ini