Ini yang Dapat Anda Lakukan Saat Sulit Tidur

Ini yang Dapat Anda Lakukan Saat Sulit Tidur

Istirahat memang penting untuk me-recharge tubuh agar kembali segar, tapi ketika mata tak kunjung bisa dipejamkan apa yang harus dilakukan? Beberapa memilih untuk menyalakan ponsel atau laptop lalu menjelajah internet untuk mengisi waktu. Padahal cara ini bisa membuat kantuk semakin menjauh. Lain kali insomnia membayang, lakukan ini.

Hindari melihat jam
Mengecek jam berkali-kali hanya akan membuat Anda tetap terjaga dan menambah keyakinan bahwa Anda tidak akan bisa terlelap sampai pagi.
 
Gelapkan ruangan
Cahaya bisa menghambat produksi melatonin, hormon yang mengatur tidur di dalam otak. Kalau ingin mengambil minum atau mengecek kunci pintu cukup nyalakan lampu baca.

Matikan perangkat elektronik
Televisi, monitor PC, laptop, ponsel sebaiknya dalam keadaan mati. Cahaya dari layar mereka membuat otak selalu waspada dan membuat Anda sulit tidur.

Istirahatkan otak
Ada kalanya mungkin Anda butuh kegiatan untuk mengundang kantuk. Pilih yang membuat otak beristirahat. Membaca roman ringan, serial TV yang jenaka, atau merajut bisa jadi pilihan. Kalau Anda memilih mencatat pengeluaran atau menonton serial misteri, otak Anda akan terus bekerja dan sulit beristirahat.

Aromaterapi
Wewangian seperti lavender memberi efek menenangkan sehingga menstimulasi otak untuk beristirahat dan meredakan ketegangan. Campurkan lavender oil dalam air hangat untuk mandi sebelum tidur atau taruh lavender kering di sekitar tempat tidur. 

Foto: Shutterstock