Istirahat memang penting untuk me-recharge tubuh agar kembali segar, tapi ketika mata tak kunjung bisa dipejamkan apa yang harus dilakukan? Beberapa memilih untuk menyalakan ponsel atau laptop lalu menjelajah internet untuk mengisi waktu. Padahal cara ini bisa membuat kantuk semakin menjauh. Lain kali insomnia membayang, lakukan ini.

Hindari melihat jam
Mengecek jam berkali-kali hanya akan membuat Anda tetap terjaga dan menambah keyakinan bahwa Anda tidak akan bisa terlelap sampai pagi.
 
Gelapkan ruangan
Cahaya bisa menghambat produksi melatonin, hormon yang mengatur tidur di dalam otak. Kalau ingin mengambil minum atau mengecek kunci pintu cukup nyalakan lampu baca.

Matikan perangkat elektronik
Televisi, monitor PC, laptop, ponsel sebaiknya dalam keadaan mati. Cahaya dari layar mereka membuat otak selalu waspada dan membuat Anda sulit tidur.

Istirahatkan otak
Ada kalanya mungkin Anda butuh kegiatan untuk mengundang kantuk. Pilih yang membuat otak beristirahat. Membaca roman ringan, serial TV yang jenaka, atau merajut bisa jadi pilihan. Kalau Anda memilih mencatat pengeluaran atau menonton serial misteri, otak Anda akan terus bekerja dan sulit beristirahat.

Aromaterapi
Wewangian seperti lavender memberi efek menenangkan sehingga menstimulasi otak untuk beristirahat dan meredakan ketegangan. Campurkan lavender oil dalam air hangat untuk mandi sebelum tidur atau taruh lavender kering di sekitar tempat tidur. 

Foto: Shutterstock

ARTIKELTERKAIT

Hindari Sakit Kepala Belakang dgn 4 Tips Olahraga Ini
18-July-2019

Hindari Sakit Kepala Belakang dgn 4 Tips Olahraga Ini

Hindari Sakit Kepala Belakang dgn 4 Tips Olahraga Ini - Lakukan gerakan yang tepat untuk mengatasi dua masalah tersebut dengan .... read more
5 Hal yang Bisa Memperburuk Sakit Kepala Belakang
24-July-2019

5 Hal yang Bisa Memperburuk Sakit Kepala Belakang

Sebelum Anda melakukan langkah-langkah yang salah yang mengakibatkan sakit kepala mencengkeram tak tertahankan, ada baiknya untuk menghindari 5 hal berikut .... read more
Posisi Tidur yang Tepat untuk Penderita Sakit Kepala Belakang
12-July-2019

Posisi Tidur yang Tepat untuk Penderita Sakit Kepala Belakang

Sama seperti leher dan punggung,bahu juga bisa memberi dampak langsung terhadap munculnya sakit kepala bagian belakang. Oleh karena itu, cobalah .... read more