Batuk Tidak Berdahak Gejala COVID-19? Tak Perlu Cemas Berlebihan, Atasi dengan Cara Berikut Ini!

Batuk Tidak Berdahak Gejala COVID-19? Tak Perlu Cemas Berlebihan, Atasi dengan Cara Berikut Ini!

Sakit batuk, baik batuk tidak berdahak maupun batuk berdahak merupakan salah satu keluhan kesehatan yang wajar terjadi. Pasalnya batuk merupakan respon alami tubuh terhadap benda asing yang masuk ke dalam sistem pernapasan, seperti debu, polusi, atau allergen (pemicu alergi), di mana kemudian otak akan mengirimkan sinyal melalui saraf tulang belakang ke otot di dada dan perut. Namun, lain halnya di masa pandemi seperti saat ini di mana batuk seringkali dikaitkan sebagai salah satu gejala COVID-19.

Penyebab Batuk Tidak Berdahak

Namun tak perlu cemas berlebihan, karena tak semua batuk tidak berdahak mengindikasikan bahwa kita tertular virus COVID-19. Keluhan batuk tidak berdahak ini mungkin saja muncul akibat beberapa hal berikut ini.

  • Mengalami flu
  • Menghirup asap rokok
  • Mengidap gangguan pernapasan seperti penyakit asma
  • Terlalu banyak mengonsumsi makanan berminyak
  • Alergi 

Mengatasi Batuk Tidak Berdahak

Batuk tidak berdahak ini juga bisa Anda atasi segera dengan beberapa cara berikut ini.

Minum air hangat

Saat batuk, terutama batuk tidak berdahak melanda, ada baiknya untuk menghindari minuman dingin. Sebaliknya, Anda bisa minum air hangat untuk membuat tenggorokan terasa nyaman Selain itu, minum cukup air mineral terutama yang hangat juga bisa membantu mendorong virus dan bakteri yang menempel di tenggorokan menuju lambung dan dikeluarkan melalui urin.

Menghangatkan tubuh

Langkah selanjutnya adalah menghangatkan tubuh menggunakan minyak angin atau balsam di bagian dada dan punggung yang bisa membuat Anda lebih nyaman. 

Atur posisi tidur

Sebelum tidur atau berbaring, atur posisi bantal sedikit lebih tinggi dari biasanya. Hal ini bisa membantu Anda bernapas lebih mudah dan mengurangi frekuensi batuk.

Baca Juga: Tips Tidur Nyenyak di Malam Hari Saat Dilanda Flu dan Batuk

Menghindari debu dan polusi

Meskipun batuk yang Anda derita muncul berbarengan dengan flu, tetapi paparan debu dan polusi udara seperti asap kendaraan atau rokok bisa memicu batuk menjadi lebih parah. Jadi gunakan masker saat keluar rumah untuk menghindari paparan debu dan polusi, apalagi di kondisi pandemi saat ini.

Berkumur

Kondisi mulut yang sehat dan bersih akan membuat batuk Anda lebih cepat sembuh. Pasalnya, mulut yang kotor akan dipenuhi kuman dan bakteri. Hal tersebut akan memperburuk kondisi tenggorokan. Sebaiknya, berkumurlah dengan moutwash yang mampu mengurangi kuman dalam mulut.

Minum obat pereda batuk

Maksimalkan juga usaha Anda dalam mengatasi batuk tidak berdahak dengan minum obat Pereda flu dan batuk tidak berdahak. Pilihlah obat flu & batuk yang sesuai dengan gejala yang dialami, agar penanganannya dapat lebih efektif.

Untuk memastikan bahwa Anda terbebas dari COVID-19, rutin melakukan test antigen dan swab PCR bisa menjadi salah satu solusinya. Pastikan juga untuk selalu menaati protokol kesehatan, mulai dari menggunakan masker, menjauhi kerumunan, membatasi kegiatan di luar rumah, menjaga jarak, rajin mencuci tangan menggunakan sabun di bawah air mengalir, dan juga membawa hand sanitizer sebagai pengganti cuci tangan saat bepergian.

Baca Juga: Mengenal Khasiat Tanaman Obat di Dalam bodrex Herbal Batuk