Mengenali 5 Gejala Awal Terjadinya Flu

Mengenali 5 Gejala Awal Terjadinya Flu

Semakin cepat diobati, semakin cepat pula flu yang Anda alami sembuh. Namun kadang Anda tek menyadari telah mengalami gejala awal flu dan salah mengiranya sebagai kelelahan biasa. Agar bisa lebih cepat mendeteksi gejala flu yang dialami, cobalah menganali 5 gejala awal terjadinya flu berikut ini.

1. Kelelahan yang berlebihan

Ada perbedaan antara lelah dan mengalami kelelahan ekstrem. Mengalami kelelahan yang tiba-tiba dan berlebihan adalah salah satu tanda awal flu. Ini adalah gejala yang mendahului sebelum muncul gejala lainnya. Jika Anda melakukan aktivitas yang biasanya namun tubuh merespon dengan rasa lelah yang berlebihan, maka hati-hati, kemungkinan ini adalah gejala flu. Pada fase ini, penting bagi Anda untuk membatasi aktivitas dan membiarkan tubuh Anda beristirahat. Jika mungkin, ambil cuti beberapa hari dari kerja dan tetap di tempat tidur. Istirahat dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh Anda dan membantu Anda melawan virus.

2. Nyeri dan menggigil

Selain lelah, tubuh juga bisanya mengalami pegal linu. Namun Anda kadang menyalahkan kegiatan lain seperto olahraga atau salah posisi tidur sebagai sumber masalahnya—padahal bukan itu. Nyeri tubuh dapat bermanifestasi di mana saja di tubuh, terutama di kepala, punggung, dan kaki. Kadang nyeri tubuh juga disertai dengan demam dan menggigil (Anda mungkin lebih sering menyebutnya dengan ‘meriang’. Pastikan Anda memakai pakaian yang nyaman dan adem. Jika menggigil, Anda bisa menggunakan selimut yang tidak terlalu tebal.

3. Batuk

Batuk terus-menerus dapat menjadi indikasi dini penyakit. Ini mungkin merupakan tanda peringatan flu. Virus flu juga dapat menyebabkan batuk dan sesak dada. Anda mungkin mengalami batuk berdahak atau lendir meskipun hal ini jarang terjadi pada tahap awal flu. Buatlah tenggorokan tetap terhidrasi dengan banyak air atau kuah makanan. Selalu tutupi mulut Anda saat batuk untuk mencegah penyebaran infeksi.

4. Sakit tenggorokan

Pada tahap awal flu, tenggorokan Anda mungkin terasa gatal dan iritasi. Anda mungkin juga merasakan sensasi aneh ketika menelan makanan atau minuman. Jika Anda menderita sakit tenggorokan, kemungkinan akan semakin parah ketika virus berkembang.

5. Demam

Demam adalah tanda bahwa tubuh Anda melawan infeksi. Demam terkait flu biasanya berkisar pada suhu 38?C atau lebih tinggi. Demam adalah gejala umum pada tahap awal flu, namun tidak semua orang dengan flu akan mengalami demam.

Dengan mengenali gejala terjadinya flu, maka Anda akan lebih cepat tanggap dalam mengatasinya. Jika tubuh Anda sudah memberikan tanda-tanda di atas, Jangan sampai salah pilih obat flu. Segera minumi bodrex Flu dan Batuk yang tersedia dalam dua varian. Jika Flu disertai Batuk berdahak, Anda bisa mengonsumsi bodrex Flu dan Batuk Berdahak PE. Kombinasi paracetamol, phenylephrine, guaifenesin dan bromhexine, bekerja sebagai analgesik-antipiretik (pereda nyeri dan penurun panas), dekongestan (pelega hidung),  mukolitik (pengencer dahak), dan ekspektoran (pengeluaran dahak). Efektif mengeluarkan dahak dan mengatasi rasa gatal di tenggorokan.

Sedangkan jika Anda menderita Flu disertai Batuk tidak berdahak, pilih bodrex Flu dan Batuk PE. Formula paracetamol, phenylephrine, dextromethorphan, bekerja sinergis untuk meredakan gejala Flu seperti demam, hidung tersumbat dan bersin-bersin sekaligus mengatasi Batuk tidak berdahak, kering dan terasa serak di tenggorokan. bodrex Flu & Batuk PE bekerja sebagai analgesik-antipiretik (pereda nyeri dan penurun panas), dekongestan (pelega) hidung dan antitusif (penekan Batuk).

Sedia selalu bodrex Flu dan Batuk di rumah untuk berjaga-jaga saat flu menyerang. Konsumsi obat sesuai anjuran, dan hubungi dokter bila sakit berlanjut!
 

Sumber: www.healthline.com

Hit Enter to search or Esc to closeNav