Tips Meredakan Flu dan Batuk Tanpa Ngantuk Saat Berkendara

Tips Meredakan Flu dan Batuk Tanpa Ngantuk Saat Berkendara

Batuk yang disertai flu tentu akan mengganggu aktivitas sehari-hari, terutama bagi mereka yang harus berkendara untuk melakukan rutinitasnya. Pasalnya, beberapa keluhan yang kerap muncul seperti tenggorokan gatal dan kering, hidung tersumbat, sakit kepala, dan juga batuk yang tak berkesudahan bisa mengurangi konsentrasi seseorang saat berkendara. Lalu, bagaimanakah cara mengatasi agar batuk cepat reda dan membuat momen berkendara menjadi aman dan nyaman? Simak penjelasannya berikut ini.

Mandi Air Hangat
Menurut artikel yang dilansir dari laman situs online Alodokter.com, tak hanya membuat tubuh terasa nyaman, mandi menggunakan air hangat juga bisa membantu menjaga kelembapan tubuh. Sensasi hangat dan uap air yang keluar juga bisa membantu mencairkan lendir yang menyumbat hidung, sehingga lebih mudah untuk dikeluarkan dan hidung terasa lega.

Menjaga Kelembapan Ruangan
Selain menjaga kelembapan tubuh, Anda juga perlu menjaga kelembapan udara di rumah terutama saat musim hujan. Pasalnya, ruangan dengan tingkat kelembapan yang tinggi bisa memicu bakteri untuk berkembang biak dengan sangat baik. Beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kelembapan ruangan agar tetap normal diantaranya dengan memasang humidifier, membersihkan ruangan secara rutin, dan mengecek ventilasi untuk memastikan bahwa sirkulasi udara di rumah terjaga dengan baik .

Banyak Minum Air Putih dan Perbanyak Istirahat
Selain dengan mandi air hangat, cara lain yang bisa Anda lakukan untuk menghidrasi tubuh dan mencairkan lendir yang menumpuk di belakang tenggorokan adalah dengan mencukupi kebutuhan air minum setiap harinya, terutama saat flu dan batuk. Penuhi juga kebutuhan istirahat setiap malamnya, yaitu selama 6-8 jam untuk orang dewasa.

Minum Obat Flu dan Batuk yang Tidak Menyebabkan Kantuk

Cara mudah dan cepat selanjutnya untuk meredakan batuk disertai flu adalah dengan minum obat yang mengandung Phenyleprhine di dalamnya. Jika Anda mengalami batuk berdahak, maka Anda meredakan gejala flu seperti demam dan sakit kepala, Guaifenesin, dan Bromhexine yang bekerja dalam mengencerkan dahak dan mengeluarkan dahak, sedangkan Phenylephrine (PE) bekerja Pas dan Efektif membantu melegakan pernapasan dan tenggorokan tanpa menyebabkan kantuk.

Pilihan lainnya saat Anda mengalami batuk tidak berdahak atau batuk kering adalah minum obat yang mengandung formula Paracetamol untuk meredakan gejala flu seperti demam dan sakit kepala, Phenylephrine (PE) yang bekerja Pas & Efektif membantu melegakan pernapasan dan tenggorokan tanpa menyebabkan kantuk, dan Dextromethorphan yang bekerja menekan titik pusat batuk di otak sehingga membantu meredakan batuk. Pastikan juga untuk memilih obat flu dan batuk yang tidak menyebabkan kantuk, ya. Dengan begini, momen berkendara bisa lebih aman dan nyaman, deh.