Sakit Kepala Sebelah Kiri, Kenapa Sering Terjadi, Ya?

Sakit Kepala Sebelah Kiri, Kenapa Sering Terjadi, Ya?

Sakit kepala adalah keluhan kesehatan yang sering dialami banyak orang. Jenisnya pun beragam dan salah satunya adalah sakit kepala sebelah kiri. Ironisnya, urusan sakit kepala seringkali diabaikan, dianggap sepele, dan akan ‘sembuh sendiri’. Padahal, jika tidak tertangani, aktivitas Anda bisa terganggu. Jika Anda masih bingung mengapa sakit kepala sebelah kiri sering terjadi, coba lihat berbagai alasan berikut ini. Mungkin, hal-hal inilah yang menjadi pemicu masalah sakit kepala Anda!

Pemicu Sakit Kepala

 

1. Kurang Tidur

Kebiasaan begadang, baik saat bekerja, main game, atau menonton film bisa menjadi salah satu penyebab munculnya sakit kepala sebelah kiri saat bangun di pagi hari. Kurangnya waktu tidur membuat produksi hormon stres kortisol meningkat dan memicu sakit kepala yang dialami seseorang. Tak hanya itu, kurang tidur juga menyebabkan peningkatan tekanan dan gangguan aliran darah yang keluar dari jantung, sehingga otot jantung bekerja lebih keras dari biasanya dan menyebabkan sakit kepala di pagi hari. Oleh karena itu, usahakan untuk mendapatkan istirahat yang cukup setiap malamnya, yaitu selama enam hingga delapan jam bagi orang dewasa.

Baca Juga: Pusing akibat Kurang Tidur? Coba Cara Mudah Usir Insomnia Ini

2. Salah Posisi Tidur

Sakit kepala sebelah kiri bisa disebabkan karena kesalahan posisi tidur dan posisi bantal yang terlalu tinggi, sehingga menyebabkan leher menjadi tegang dan tidak bisa digerakkan ke kanan maupun kiri dalam waktu yang cukup lama. Untuk menyiasatinya, gunakan bantal yang tepat atau tidak menggunakan bantal sama sekali dalam posisi terlentang untuk menjaga agar kepala dan tulang belakang berada dalam satu garis lurus.

3. Migrain

Faktor lain yang memicu timbulnya sakit kepala sebelah kiri adalah migrain. Umumnya, migrain ditandai dengan serangan sakit kepala yang disertai denyutan dan dialami di salah satu sisi kepala saja. Gejala awalnya antara lain terjadinya gangguan penglihatan, mual, muntah, dan lebih sensitif terhadap suara dan cahaya, serta merasakan sensasi kepala seperti ditusuk-tusuk.

Saat sakit kepala sebelah melanda, segera konsumsi obat untuk sakit kepala sebelah. Namun, jika sakit kepala sebelah yang Anda rasakan tak kunjung membaik, ada baiknya berkonsultasi segera berkonsultasi kepada dokter. Ingat, jangan sembarangan minum obat karena beda sakit kepala, beda obatnya!

Baca Juga: Obat untuk Migrain, Sakit Kepala Sebelah