Penyebab Migrain Berkepanjangan, Berbahayakah?

Penyebab Migrain Berkepanjangan, Berbahayakah?

Mengalami sakit kepala sebelah atau yang lebih dikenal dengan sebutan migrain tentu sangat mengganggu aktivitas. Pasalnya, biasanya keluhan yang satu ini datang secara tiba-tiba dan menimbulkan sakit kepala berdenyut yang berlangsung selama berjam-jam, bahkan berhari-hari. Untuk keluhan migrain yang sudah parah biasanya juga disertai gejala lain, seperti mual, muntah, sensitif terhadap cahaya serta dan suara, hingga kepala terasa seperti ditusuk-tusuk.

Lalu, apakah sebenarnya penyebab migrain yang berkepanjangan?

Meski hingga saat ini masih belum ditemukan penyebab pasti dari sakit kepala sebelah, namun ahli kesehatan menjelaskan bahwa migrain terjadi karena adanya faktor genetik dalam keluarga. Tak hanya itu, keluhan ini juga dipicu oleh adanya gangguan neurologis dan perubahan aktivitas otak yang dipengaruhi oleh beberapa faktor berikut ini.

  • Perubahan hormon
    Meski migrain bisa saja menyerang semua orang, namun menurut penelitian yang dilakukan oleh National Migraine Centre menyebutkan bahwa kaum wanita memiliki risiko tiga kali lebih besar untuk mengalaminya. Hal ini biasanya disebabkan oleh adanya perubahan hormon, terutama pada saat menstruasi. Keluhannya pun akan semakin parah saat menjelang maupun setelah menstruasi.
  • Konsumsi minuman dan makanan tertentu
    Migrain juga bisa muncul akibat mengonsumsi beberapa makanan dan minuman tertentu yang biasanya juga memicu perubahan hormon seseorang. Beberapa minuman yang memicu timbulnya migrain diantaranya produk susu, minuman mengandung kafein seperti teh dan susu, alkohol, dan minuman yang mengandung pemanis buatan. Sedangkan makanan yang memicu sakit kepala sebelah diantaranya dark chocolate, daging yang diawetkan, makanan yang mengandung MSG (penyedap buatan), makanan olahan, hingga produk olahan susu.
  • Pola tidur
    Seseorang dengan pola tidur yang kurang baik juga memiliki risiko mengalami sakit kepala sebelah, terutama untuk mereka yang seringkali begadang. Oleh karena itu penting untuk mencukupi kebutuhan tidur setiap malamnya, yaitu selama enam hingga delapan jam bagi orang dewasa. Menurut artikel yang dilansir dari laman online Popbela.com, waktu terbaik untuk tidur di malam hari adalah berada diantara jam 10 malam dan bangun di jam enam pagi.
  • Perubahan cuaca
    Perubahan cuaca yang cukup ekstrim juga bisa menjadi pemicu sakit kepala sebelah yang cukup mengganggu. Dalam kondisi ini, tubuh dituntut untuk beradaptasi terhadap cuaca dengan lebih keras akibat adanya perubahan yang mendadak, sehingga menimbulkan sakit berdenyut di kepala.
  • Stres
    Dari beberapa kemungkinan penyebab migrain di atas, faktor stress baik fisik akibat aktivitas yang terlalu berat maupun mental yang biasanya muncul akibat beban pikiran merupakan pemicu sakit kepala sebelah yang paling besar.

Apakah migrain berbahaya?

Sakit kepala sebelah tentu akan menjadi berbahaya jika tidak langsung ditangani. Beberapa cara yang bisa kamu lakukan saat migrain menyerang adalah sebagai berikut.

  • Mencari tempat yang lebih tenang dengan pencahayaan yang tidak terlalu terang, karena biasanya migrain membuat kita menjadi lebih sensitif terhadap cahaya dan suara. Hal ini dilakukan agar keluhannya tidak semakin parah.
  • Menerapkan pola hidup sehat dan mulai belajar untuk memahami tubuh dengan cara mengurangi bahkan menghindari beberapa makanan dan minuman yang memicu timbulnya sakit kepala sebelah.
  • Olahraga teratur. Tak harus selalu olahraga berat, jogging, berenang, bersepeda, yoga, atau melakukan gerakan peregangan di rumah juga dipercaya mampu meredakan sakit kepala sebelah.
  • Minum obat. Saat sakit kepala sebelah menyerang, kamu juga bisa segera mengatasinya dengan cara mengonsumsi obat seperti bodrex Migra. Kandungan Triple Active Formula (Paracetamol, Propifenazon, dan Caffeine) dalam setiap tabletnya bantu meringankan sakit kepala sebelah, sehingga kamu bisa kembali beraktivitas dengan lebih nyaman.

Selalu sediakan bodrex Migra di rumah maupun saat beraktivitas sebagai pertolongan pertama jika sakit kepala sebelah menyerang. Anda bisa mendapatkannya secara online di Tempo Store Official melalui Shopee, Tokopedia, Blibli, dan Lazada agar lebih aman dan praktis. Tersedia juga beberapa varian bodrex lainnya yang bisa mengobati jenis sakit kepala yang berbeda, seperti bodrex Extra untuk sakit kepala mencengkeram, bodrex Herbal Sakit Kepala sebagai solusi herbal terpercaya untuk atasi sakit kepala, dan bodrex Ori yang mampu mengatasi sakit kepala secara cepat dan efektif.

Segera konsultasikan ke dokter jika keluhannya tak kunjung sembuh agar tidak semakin parah dan untuk menghindari kemungkinan penyakit lainnya, ya!

Hit Enter to search or Esc to closeNav