Posisi Tidur yang Tepat untuk Penderita Sakit Kepala Belakang

Posisi Tidur yang Tepat untuk Penderita Sakit Kepala Belakang

Salah satu penyebab sakit kepala mencengkeram adalah ketegangan otot yang terjadi di bagian leher dan bahu yang dipicu oleh postur tubuh yang salah ketika beraktivitas. Hal ini dapat menimbulkan ketidaknyamanan bagi penderitanya termasuk di waktu tidur. Padahal istirahat yang berkulitas sangat penting untuk memulihkan kondisi tubuh dan mencegah sakit kepala muncul kembali. Oleh karena itu ada baiknya Anda mencoba memperbaiki posisi tidur Anda untuk menghindari munculnya sakit kepala mencengkeram.

Bantuan bantal Kecil

Saat terbangun di pagi hari, Anda mungkin sering merasa sakit kepala yang dimulai dari ketegangan otot bagian belakang leher. Tanpa sadar, ketika tidur Anda mungkin terlalu sering mengubah arah kepala dengan menengok ke kanan dan ke kiri dan hal inilah yang mungkin memicu nyeri di sekitar leher. Untuk mengantisipasinya, coba letakkan bantal kecil di sisi kanan dan kiri kepala Anda.

Luruskan punggung

Postur tubuh yang salah di siang hari, misalnya terlalu lama duduk di depan meja kerja tanpa jeda untuk bergerak ataupun stretching bisa memicu memicu ketegangan otot yang mengakibatkan sakit kepala. Oleh karena itu, usahakan memperbaiki pos Anda bukan hanya pada siang hari tetapi juga di malam hari. Caranya, usahakan tidur dalam posisi terlentang. Tambahkan gulungan handuk atau bantal kecil di bawah lutut dan punggung Anda

Otot bahu tegang

Ketegangan otot di area bahu juga sering terjadi. Biasanya Anda yang menyetir kendaraan sendiri baik itu motor ataupun mobil familiar dengan rasa nyeri di bagian ini. Sama seperti leher dan punggung,bahu juga bisa memberi dampak langsung terhadap munculnya sakit kepala bagian belakang. Oleh karena itu, cobalah untuk berbaring miring dan bertumpu pada bagian bahu yang tidak sakit.

Memperbaiki posisi tidur, bisa menjadi salah satu cara untuk mengurangi risiko munculnya sakit kepala belakang. Anda juga dianjurkan rutin berolahraga dan minum cukup air putih setiap harinya. Di samping itu, tidak ada salahnya jika Anda menyiapkan obat pereda sakit kepala yang mengandung paracetamol dan ibuprofen untuk meredakan sakit kepala mencengkeram dengan efektif.

Sumber: sleep.org, The Time of India