Pagi belum berganti siang, tetapi tubuh sudah tak segar serta kepala terasa pening? Coba hitung, mungkin ternyata semalam Anda tidur kurang dari 5 jam. Orang dewasa seharusnya tidur minimal 6 jam sehari, jadi pastikan kamu mengganti waktu istirahat ini begitu ada kesempatan ya. Jangan sampai ini jadi kebiasaan buruk dan menimbulkan insomnia berkepanjangan. Jika insomnia menyerang, yuk lawan dengan cara ini :

Minum susu putih hangat
Susu putih hangat dikenal luas dapat membantu kita merasa lebih rileks dan nyaman. Apalagi untuk Anda yang suka minum susu putih semasa kecil, trik ini akan lebih ampuh. Karena secara psikologis rasa susu yang familier, mengingatkan pada kehangatan rumah pada masa kanak-kanak, akan membuat tubuh kita tenang dan rileks.

Tidur dalam Kondisi Bresih
Agar tidur bisa jadi lebih nyaman, penderita insomnia dianjurkan untuk membersihkan tubuh terlebih dulu sebelum berusaha tidur. Langkah wajar seperti mencuci muka, sikat gigi, buang air kecil sebelum tidur ternyata sangat berpengaruh untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas tidur Anda. Jika memungkinkan, mandi dengan air hangat juga bermanfaat untuk membuat tubuh lebih santai. Lain kali sebelum naik ke tempat tidur, pastikan tubuh Anda sudah bersih!

Kondisikan ranjang hanya sebagai tempat untuk terlelap
Ini adalah langkah terapi yang sering dianjurkan oleh pihak profesional, dengan sebutan terapi kontrol stimulus. Langkahnya meliputi beberapa aturan seperti menghindari aktivitas selain tidur atau aktivitas seksual di ranjang, tidurlah hanya di ranjang serta hindari tidur di sofa atau mobil dan tempat lainnya, jangan berlama-lama di tempat tidur setelah terbangun, dan kembali ke tempat tidur hanya jika mengantuk. Cara ini akan melatih otakmu untuk mengasosiasikan ranjang sebagai isyarat untuk tertidur. Dan irama sirkadian kamu pun kembali sehat.

Batasi kafein, alkohol, dan nikotin
Dengan kata lain, minuman keras, kopi, dan rokok. Ketiga hal ini memang lebih baik dihindari, terutama jika kamu mengalami gangguan tidur setelah mengonsumsinya. Jauhi kafein, alkohol, dan nikotin sejak 6 jam sebelum tidur.

Teknik Guided Imagery
Daripada melamunkan langit-langit kamar, cobalah berkonsentrasi pada salah satu objek di sekitar Anda yang punya bentuk, tekstur, dan warna menarik. Kalau benda ini Anda perhatikan dengan saksama terus menerus tanpa memikirkan hal lain, lama-lama rasa kantuk akan segera datang. Teknik ini disebut juga Guided Imagery.

Atur pernapasan (Deep breathing)
Sambil mengatur pernapasan dalam, usahakan pikiran tidak terpengaruh hal-hal negative yang bisa membuat stres. Fokuskan perhatian hanya pada pernapasan sampai kamu merasa rileks dan cobalah untuk berpikir lebih positif.

Berolahraga
Planking, push up, sit up, serta olahraga ringan lainnya bisa bantu kamu melepaskan energimu dan memberi sinyal pada otak bahwa tubuh perlu istirahat. Lakukan sebelum makan malam atau beberapa jam setelah makan malam, idealnya 4 sampai 5 jam sebelum tidur.

Untuk kamu yang merasa terganggu karena sakit kepala akibat insomnia, cobalah atasi dengan minum bodrex  Sakit Kepala. Segera setelah minum obat, cobalah untuk tidur sekitar 20 menit. Semoga bermanfaat!

ARTIKELTERKAIT

Cara Menghilangkan dan Mengatasi Sakit Kepala Sebelah Tanpa Harus ke Dokter
24-February-2019

Cara Menghilangkan dan Mengatasi Sakit Kepala Sebelah Tanpa Harus ke Dokter

Cara Menghilangkan dan Mengatasi Sakit Kepala Sebelah Tanpa Harus ke Dokter - Ini adalah perawatan sakit kepala yang efektif .... read more
5 Penyebab Sakit Kepala Sebelum Tidur
16-February-2019

5 Penyebab Sakit Kepala Sebelum Tidur

5 Penyebab Sakit Kepala Sebelum Tidur - pemicu yang menyebabkan sakit kepala menjelang waktu tidur? Simak penjelasan berikut dan perhatikan .... read more
Penyebab Sering Sakit Kepala di Malam Hari dan Cara Mengatasinya
08-February-2019

Penyebab Sering Sakit Kepala di Malam Hari dan Cara Mengatasinya

Penyebab Sering Sakit Kepala di Malam Hari dan Cara Mengatasinya - Sebenarnya, apa penyebab sakit kepala yang terjadi pada malam .... read more