Praktis, Ini Cara Mengobati Flu dan Batuk Tanpa Ngantuk Saat Beraktivitas

Praktis, Ini Cara Mengobati Flu dan Batuk Tanpa Ngantuk Saat Beraktivitas

Pernah mengalami flu dan batuk saat harus menyelesaikan pekerjaan sehari-hari? Rasanya tentu akan sangat tidak nyaman, bukan? Tak perlu bingung, simak beberapa cara mengobati flu dan batuk tanpa ngantuk saat beraktivitas berikut ini.

Cara Mengobati Flu dan Batuk:

1. Istirahat Cukup

Saat flu dan batuk, badan akan cenderung lemas dan kurang bersemangat. Untuk mengatasinya, pastikan Anda mendapatkan istirahat yang cukup di malam hari, sehingga bisa bangun dengan tubuh yang segar keesokan harinya. Hal ini bisa terjadi karena dengan istirahat cukup, yaitu enam hingga delapan jam setiap malamnya mampu meningkatkan daya tahan tubuh agar proses penyembuhan flu dan batuk berjalan lebih maksimal. Tidur cukup juga mencegah kita merasa kelelahan sepanjang hari. so, hindari begadang, ya!

2. Lanjut Olahraga!

Menurut artikel yang dilansir dari laman online CNN, berolahraga saat flu dan batuk bukanlah hal yang dilarang, namun tentu harus disesuaikan dengan kondisi tubuh. Meski berolahraga tidak membuat Anda sembuh secara langsung, namun kegiatan yang satu ini bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan juga melegakan hidung tersumbat akibat flu. Pastikan juga bahwa Anda sedang tidak memiliki masalah medis lain yang lebih serius, seperti asma, penyakit jantung, atau penyakit serius lainnya, ya.

3. Minum Air Putih Hangat

Cara mengobati flu dan batuk tanpa ngantuk selanjutnya adalah dengan minum air hangat. Tak hanya membantu melegakan hidung tersumbat, hal ini juga bisa membuat tenggorokan terasa nyaman dan mengencerkan lendir saat batuk. Selain itu, minum cukup air mineral terutama yang hangat juga bisa membantu mendorong virus dan bakteri yang menempel di tenggorokan menuju lambung dan dikeluarkan melalui urin.

Baca Juga: Fakta atau Mitos Konsumsi Menu Dingin Bisa Memperparah Flu dan Batuk

4. Menghirup Uap Panas

Hidung tersumbat adalah gejala yang seringkali muncul saat kita terserang flu. Cara mengatasinya adalah dengan mandi air hangat atau menghirup uap panas untuk melegakan hidung tersumbat. Lakukan cara ini secara rutin agar flu lekas sembuh, ya.

5. Minum Obat Flu dan Batuk

Saat flu dan batuk melanda, langkah paling cepat dan efektif selanjutnya adalah dengan minum obat flu dan batuk yang tidak menyebabkan rasa ngantuk. Coba periksa dengan teliti petunjuk penggunaan obat untuk mengetahui apakah flu dan batuk  yang Anda hendak diminum memiliki efek ngantuk atau tidak. Jangan lupa pilih obat flu & batuk yang sesuai dengan gejalanya ya!

Baca Juga: Ketahui 3 Komposisi Obat Pereda Flu dan Batuk