Fakta atau Mitos Konsumsi Menu Dingin Bisa Memperparah Flu dan Batuk

Fakta atau Mitos Konsumsi Menu Dingin Bisa Memperparah Flu dan Batuk

Benarkah saat menderita Flu dan Batuk, Anda tidak diperbolehkan memakan atau meminum sesuatu yang dingin, dikarenakan akan menambah parah penyakit? Ataukah justru sebaliknya, minuman dan makanan dingin tidak berpengaruh pada penderita influenza? Yuk kupas tuntas seputar mitos atau fakta, konsumsi menu dingin bisa memperparah Flu dan Batuk berikut ini:

Fakta #1: Flu Ditularkan Lewat Udara

Menurut penelitian dunia medis, bukan karena mengkonsumsi menu dingin yang menyebabkan seseorang terkena Flu dan Batuk. Hal ini justru dikaitkan pada daya tahan tubuh yang menurun sehingga dengan mudahnya virus  masuk (diakibatkan penularan lewat udara) menyerang dan mengakibatkan influenza.

Fakta #2: Jangan Salahkan Air Dingin atau Es Batu

Tidak ada penelitian sampai saat ini yang menemukan keterkaitan antara es dan Flu, karena satu-satunya penyebab Flu adalah virus. Jika minum air dingin atau es menyebabkan Anda Flu atau membuat Flu semakin parah, penyebabnya bisa dua hal: pertama karena alergi, dan kedua berkaitan dengan daya tahan tubuh Anda sendiri.

Fakta #3: Alergi Disalahartikan Sebagai Flu

Lendir pada hidung dan tenggorokam merupakan mekanisme tubuh untuh menghalau debu atau kotoran (benda asing) masuk ke dalam tubuh akibat paparan udara. Saat seseorang memilki alergi udara dan menu dingin, rongga pada hidung akan membesar sehingga memproduksi lendir lebih banyak. Selanjutanya Anda akan mengalami pilek sehingga aliran napas terasa tersumbat, dan tidak jarang pristiwa ini akan merangsang rongga pernapasan lainnya sehingga mengakibatkan Batuk.

Sebelum salah mengambil tindakan, sebaiknya pastikan Pilek dan Batuk yang Anda alami disebabkan oleh virus penyebab Flu, atau dikarenakan alergi. Tetapi, jika Flu dan Batuk dengan gejala; demam, hidung tersumbat dan sakit kepala yang disertai batuk menyerang Anda, segeralah minum obat yang sesuai dengan keluhan yang dialami.