Darurat Hidung Tersumbat? Langkah ini Akan Bikin Hidungmu Jadi Plong!

Darurat Hidung Tersumbat? Langkah ini Akan Bikin Hidungmu Jadi Plong!

Salah satu yang paling menyebalkan dari sakit flu adalah hidung tersumbat yang membuat Anda merasa sangat tidak nyaman. Jika bernafas saja sulit, dampaknya jadi kemana-mana. Mulai dari kepala pusing, hingga sudah tidur. Biar Anda lebih nyaman, coba kurangi masalah hidung tersumbat dengan cara-cara berikut ini.

Uap air panas
Siapkan sebaskom air panas, ambil balsem dengan jari telunjuk Anda, dan campurkan dengan air panas dalam baskom. Dekatkan baskom ke arah wajah Anda dan hidup  uap panas dari air. Lakukan hingga pernafasan Anda terasa lebih lega.

Minuman hangat
Ketika hidung tersumbat, minumlah sebanyak mungkin air putih hangat. Cairan yang masuk ke dalam tubuh dapat menipiskan lendir Anda dan mencegah penyumbatan saluran pernafasan. Anda jiga bisa mengombinasikan dengan minuma hangat lainnya seperti teh madu. Pastikan Anda tidak sampai dehidrasi.

Mengompres hidung
Rendam handuk kecil dengan air panas, tiriskan dan peras. Setelah itu kompres batang hidung dahi Anda. Cara ini bisa membantu meringankan hidung tersumbat dan membuka saluran pernafasan Anda.

Makan makanan pedas dan hangat
Salah satu yang bisa membuat Anda lebih nyaman adalah mengonsumsi makanan berkuah yang pedas dan hangat. Misalnya saja bakso, mi rebus, atau sup ayam dengan tambahan lada. Mengonsumsi makanan hangat akan membuat Anda merasa lebih nyaman, kandungan gizinya dpaat memulihkan tenaga, dan apalagi jika mengandung rasa pedas sehingga dapat membantu mengencerkan lendir.

Menumpuk bantal
Terakhir istirahatkanlah dirimu. Memang sulit untuk tidur nyenyak dalam kondisi hidung tersumbat, oleh karena itu akali dengan cara menumpuk bantal dan berbaring dengan posisi kepala lebih tinggi. Cara ini akan membuat Anda bernafas lebih nyaman.