Salah satu yang paling menyebalkan dari sakit flu adalah hidung tersumbat yang membuat Anda merasa sangat tidak nyaman. Jika bernafas saja sulit, dampaknya jadi kemana-mana. Mulai dari kepala pusing, hingga sudah tidur. Biar Anda lebih nyaman, coba kurangi masalah hidung tersumbat dengan cara-cara berikut ini.

Uap air panas
Siapkan sebaskom air panas, ambil balsem dengan jari telunjuk Anda, dan campurkan dengan air panas dalam baskom. Dekatkan baskom ke arah wajah Anda dan hidup  uap panas dari air. Lakukan hingga pernafasan Anda terasa lebih lega.

Minuman hangat
Ketika hidung tersumbat, minumlah sebanyak mungkin air putih hangat. Cairan yang masuk ke dalam tubuh dapat menipiskan lendir Anda dan mencegah penyumbatan saluran pernafasan. Anda jiga bisa mengombinasikan dengan minuma hangat lainnya seperti teh madu. Pastikan Anda tidak sampai dehidrasi.

Mengompres hidung
Rendam handuk kecil dengan air panas, tiriskan dan peras. Setelah itu kompres batang hidung dahi Anda. Cara ini bisa membantu meringankan hidung tersumbat dan membuka saluran pernafasan Anda.

Makan makanan pedas dan hangat
Salah satu yang bisa membuat Anda lebih nyaman adalah mengonsumsi makanan berkuah yang pedas dan hangat. Misalnya saja bakso, mi rebus, atau sup ayam dengan tambahan lada. Mengonsumsi makanan hangat akan membuat Anda merasa lebih nyaman, kandungan gizinya dpaat memulihkan tenaga, dan apalagi jika mengandung rasa pedas sehingga dapat membantu mengencerkan lendir.

Minum bodrex Flu & Batuk Berdahak PE
Sebelum semakin parah, segera redakan hidung tersumbat dengan meminum obat flu yang tepat. bodrex Flu & Batuk PE merupakan obat flu & batuk khusus untuk batuk tidak berdahak pertama di Indonesia dengan PE (Phenylephrine) yang berfungsi sebagai dekongestan untuk meredakan hidung tersumbat.

Menumpuk bantal
Terakhir istirahatkanlah dirimu. Memang sulit untuk tidur nyenyak dalam kondisi hidung tersumbat, oleh karena itu akali dengan cara menumpuk bantal dan berbaring dengan posisi kepala lebih tinggi. Cara ini akan membuat Anda bernafas lebih nyaman.

ARTIKELTERKAIT

Sering Sakit Kepala? Ini Cara Aman Menghilangkannya
30-June-2019

Sering Sakit Kepala? Ini Cara Aman Menghilangkannya

Mungkin hal ini disebabkan oleh pengobatan yang tidak sesuai dengan keluhan dan jenis sakit kepala Anda. Berikut ini adalah jenis-jenis .... read more
Cara Menghilangkan Sakit Kepala Akibat Perubahan Hormon
21-May-2019

Cara Menghilangkan Sakit Kepala Akibat Perubahan Hormon

Cara Menghilangkan Sakit Kepala Akibat Perubahan Hormon - Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa Anda coba untuk menghilangkan sakit .... read more
Penyebab Timbulnya Sakit Kepala Setelah Liburan
14-May-2019

Penyebab Timbulnya Sakit Kepala Setelah Liburan

Penyebab Timbulnya Sakit Kepala Setelah Liburan - Apakah Anda mengalaminya juga setelah kembali dari liburan? Kira-kira, apa saja ya yang .... read more