Terapi yang Bisa Dilakukan oleh Penderita Sakit Kepala Belakang

Terapi yang Bisa Dilakukan oleh Penderita Sakit Kepala Belakang

Sakit kepala belakang adalah jenis penyakit yang rentan muncul kembali. Pengulangan rasa sakit ini bisa terjadi karena penderita tidak menangani sakit kepala belakang dengan tepat dan tuntas. Oleh karena itu penting bagi Anda untuk tidak menyepelekan sakit kepala dan lakukanlah terapi sederhana yang bisa meringankan gejala sakit kepala belakang. Jika dilakukan dengan benar, tentu sakit kepala belakang akan hilang lebih cepat. anda mungkin bisa memulainya dengan melakukan cara-cara berikut ini.

Terapi panas

Dilansir dari situs WebMD, meletakkan bantalan hangat (heating) pada bagian belakang leher seringkali mampu meredakan sakit kepala. Rasa hangat akan melancarkan peredarah darah dan berkhasiat melemaskan otot yang tegang. Jika tidak memilikinya, Anda bisa mensubtitusi cara ini dengan mandi air hangat yang mampu memberikan efek serupa.

Terapi dingin

Bukan hanya terapi panas, terapi dingin juga bisa dilakukan untuk meredakan sakit kepala belakang, Caranya adalah dengan menggunakan es batu. Sakit kepala belakang yang berasal dari leher biasanya terfokus pada bagian bawah tengkorak. Maka cobalah cobalah terapi menggunakan es batu di bagian leher lalu usapkan dari atas ke bawah leher. Tipe sakit kepala ini biasanya disebabkan oleh otot tegang dan syaraf terjepit di leher.’Pijatan’ dengan es batu ini bisa membantu merelaksasi otot yang tegang tersebut.

Terapi pijat

Pijatan bisa jadi terapi yang ampuh untuk berbagai keluhan penyakit, termasuk juga sakit kepala  belakang.  Hanya saja agar bisa bekerja dengan efektif, pijatan perlu dilakukan pada titik-titik yang tepat. Untuk sakit kepala, Anda bisa menerapkan teknik pijat acupressur yaitu memberikan tekanan ringan pada area atau titik tertentu di tubuh.

 Meditasi

Apapun jenis sakit kepala yang Anda alami sempatkanlah untuk melakukan meditasi selama beberapa saat. Tak berarti Anda harus duduk bersila sambil menutup mata. Namun ada perlu waktu untuk menenangkan diri sejenak. Rehatlah dari layar komputer dan gadget, hindari suasana yang terlalu ramai, dan lakukan hal yang bisa membuat Anda lebih santai misalnya berbaring atau mendengarkan musik yang lembut. Atur nafas Anda dan nikmati waktu tenang tersebut selama beberapa saat hingga tubuh dan pikiran Anda lebih nyaman.

Selain terapi yang bisa Anda coba di atas, siapkan juga obat sakit kepala yang mengandung paracetamol dan ibuprofen untuk meredakan sakit kepala belakang yang mencengkeram dengan efektif.