Sakit kepala yang sering kumat tentu bisa menimbulkan kekhawatiran bagi Anda. Inginnya sih, bisa beraktivitas dengan nyaman tanpa perlu bolak-balik sakit kepala. Namun sayangnya, gangguan kesehatan yang satu ini sangat mudah muncul dan dialami oleh siapa saja. Sakit kepala bagian belakang misalnya, termasuk sakit kepala yang sering kumat dan saat mengganggu. Sebenarnya ada beberapa alasan yang membuat sakit kepala belakang sering kumat.

  1. Cedera otot: sering membawa tas ransel yang berat? Membawa barang bawaan yang berat bisa saja menyebabkan cedera otot dan akhirnya menimbulkan sakit kepala. Selama cedera yang Anda derita belum sembuh benar, maka sakit kepala kemungkinan akan sering kumat.
     
  2. Sering menunduk: dewasa ini semakin banyak orang yang mengalami sakit kepala akibat sering menunduk. Hal ini dikarenakan kebiasaan menggunakan smartphone yang terlalu berlebihan dan tak kenal waktu. Akibatnya, otot leher menjadi tegang karena terlalu banyak menunduk dan berakibat timbulnya sakit kepala belakang.
     
  3. Faktor psikologis: stres meskipun sebenarnya berada di dalam pikiran Anda, namun bisa berimbas pada kondisi fisik juga, termasuk menimbulkan sakit kepala belakang.
     
  4. Tekanan darah tinggi: meskipun bukan pertanda mutlak kalau Anda menderita darah tinggi, namun nyatanya tekanan darah tinggi sering menimbulkan ketegangan sehingga akhirnya sakit kepala belakang muncul terus menerus.
     
  5. Cedera otak: mungkin Anda pernah mengalami benturan atau trauma kepala lainnya. Meski tidak ada luka luar, bisa saja Anda mengalami cedera di bagian dalam kepala atau bahkan otak. Hanya saja untuk memastikan penyebab nyeri kepala secara pasti cobalah untuk memeriksakan diri Anda ke dokter. Jika diperlukan, pemeriksaan secara lengkap aseperti tes darah, X-ray, EMG Dan CT-Scan juga dilakukan agar Anda akan mendapatkan penanganan yang tepat.

Namun sebelum khawatir terlalu jauh, coba lakukan dulu langkah-langkah sederhana untuk mengatasi keluhan sakit kepala belakang Anda dengan cara menghindari penggunaan otot leher yang berlebihan, olahraga secara teratur 2-3 kali seminggu untuk memperlancar aliran darah, temukan sumber stres dan atasi, jangan gunakan bantal yang terlalu tinggi, kurangi konsumis kafein dan alkohol, serta makan teratur. Bila perlu, minum bodrex Extra yang mampu mengatasi sakit kepala mencengkram di bagian leher dan belakang kepala.

ARTIKELTERKAIT

Makanan Pereda Flu dan Batuk, Mana Favorit Anda?
26-February-2020

Makanan Pereda Flu dan Batuk, Mana Favorit Anda?

Oleh karena itu, simak beberapa rekomendasi makanan pereda flu dan batuk yang bisa Anda konsumsi berikut ini. .... read more
Bagaimana Menangani Sakit Flu dan Batuk Tanpa Kantuk Saat Bekerja di Rumah
17-March-2020

Bagaimana Menangani Sakit Flu dan Batuk Tanpa Kantuk Saat Bekerja di Rumah

Lalu, bagaimana cara mengatasi sakit flu dan batuk tanpa menimbulkan kantuk saat beraktivitas, terutama bekerja di rumah saat menghadapi .... read more
Penting Disimak, Ini Dia Gejala dan Pengobatan Flu dan Batuk di Cuaca yang Tidak Menentu
10-March-2020

Penting Disimak, Ini Dia Gejala dan Pengobatan Flu dan Batuk di Cuaca yang Tidak Menentu

Oleh karena itu, simak penjelasan mengenai gejala dan pengobatan flu dan batuk di cuaca yang tidak menentu berikut ini. .... read more