Tanda Cara Mengatasi Sakit Kepala Migrain yang Anda Lakukan Tidak Efektif

Tanda Cara Mengatasi Sakit Kepala Migrain yang Anda Lakukan Tidak Efektif

Mengatasi sakit kepala migrain harus segera dilakukan untuk membuat aktivitas menjadi lebih nyaman dan menyenangkan. Namun, seringkali kita melakukan kesalahan, sehingga alih-alih keluhan sakit kepala sebelah mereda, namun yang ada justru sebaliknya. Berikut ini tanda bahwa cara yang Anda lakukan untuk mengatasi sakit kepala sebelah menjadi tidak efektif.

  • Memijat kepala

Saat sakit kepala migrain melanda, biasanya orang akan memijat bagian pelipis atau bagian kepala yang terasa nyeri. Namun, terkadang ada yang memijatnya terlalu keras dan teknik memijat yang salah, sehingga bukannya membuat sakit kepala mereda, namun yang ada justru keluhannya menjadi semakin parah. 

  • Tidak segera mengobati keluhan

Tak hanya semakin sakit, keluhan yang berlangsung lebih lama harus segera diobati. Serangan sakit kepala yang terjadi di satu sisi kepala, kepala terasa berdenyut atau kesemutan, pening, mual, muntah, dan menjadi lebih sensitif terhadap suara, bau, cahaya, atau sentuhan yang umumnya terjadi pada saat migrain berlangsung lebih dari 72 jam.

  • Kurang waktu tidur dan air minum

Mengatasi sakit kepala migrain juga bisa dianggap serius jika disertai keluhan demam. Demam bisa terjadi akibat penderita tidak memenuhi waktu tidur dan juga kurang minum air saat mengalami sakit kepala sebelah. 

  • Mengabaikan gejala mual dan muntah

Mual dan muntah merupakan gejala yang umum dialami sebelum sakit kepala sebelah terjadi namun seringkali diabaikan karena lebih fokus untuk mengobati sakit kepala yang dialami. Maka tak heran jika keluhan yang satu ini berlangsung cukup lama dan mengganggu. Untuk mengatasinya, Anda juga bisa minum obat antimual yang biasanya diresepkan bersamaan dengan obat pereda nyeri sakit kepala sebelah.

Baca Juga: Sering Sakit Kepala Akibat Masuk Angin? 4 Cara Pengobatan Tradisional Ini Bisa Jadi Solusi

  • Tetap beraktivitas meskipun sudah minum obat pereda

Saat sakit kepala sebelah melanda, seseorang juga cenderung lebih mudah merasa lelah. Untuk itu, Anda dianjurkan untuk  menghentikan aktivitas dan memanfaatkan waktu untuk beristirahat. Saat seseorang tetap bekerja keras saat migrain melanda, maka tak hanya sakit kepala yang semakin menjadi saja, tetapi otot tubuh juga akan makin terasa lemah yang membuat tubuh menjadi mudah lelah.

Mengatasi Sakit Kepala Migrain

Untuk menghindari beberapa kondisi di atas, mengatasi sakit kepala migrain harus segera dilakukan dengan cara berikut ini.

  • Menghentikan aktivitas dan istirahat total
  • Memberikan pijatan ringan di pelipis, leher, atau bagian yang terasa nyeri
  • Memenuhi kebutuhan air mineral
  • Mengatur pencahayaan di kamar menjadi lebih redup atau gelap
  • Istirahat di ruangan yang sepi
  • Minum obat pereda nyeri yang mengandung paracetamol dan propifenazon yang efektif cepat mengatasi migrain.
  • Minum obat antimual

Artikel Lainnya: 4 Cara Agar Obat Herbal Lebih Efektif Saat Dikonsumsi