4 Cara Agar Obat Herbal Lebih Efektif Saat Dikonsumsi

4 Cara Agar Obat Herbal Lebih Efektif Saat Dikonsumsi

Minat masyarakat Indonesia terhadap obat-obatan herbal masih cukup tinggi. Dilansir dari Alodokter, terbukti sekitar 45% dari 7699 responden memilih menggunakan obat herbal, meski tidak semuanya terdaftar resmi di Badan Pengawas Obat dan Makanan Republik Indonesia (BPOM RI). Selebihnya, yaitu sekitar 55%, memilih obat modern sebagai langkah pengobatan. Lantas, apa saja hal yang perlu diperhatikan jika ingin mengonsumsi obat herbal? Inilah 5 cara agar obat herbal lebih efektif saat dikonsumsi.

  1. Pastikan Anda membeli dan menggunakan obat herbal yang telah terdaftar di BPOM RI

Resep obat-obatan herbal memang merupakan tradisi turun menurun. Namun meracik dan mengolah tanaman-tanaman herbal menjadi obat yang layak dan aman dikonsumsi tentunya tidak mudah. Alangkah baiknya jika Anda hendak mengonsumsi obat herbal, pilihlah obat herbal yang telah terdaftar di BPOM RI. Obat-obatan yang sudah mendapatkan izin edar dari BPOM tentunya sudah teruji bahwa obat herbal tersebut aman dikonsumsi.

  1. Baca dan pahami, apa kandungan yang terdapat di dalam obat herbal tersebut.

Sebelum mengonsumsi obat herbal, pastikan Anda sudah membaca dengan teliti kandungan apa saja yang ada di dalamnya. Meski kandungan dalam obat herbal berasal dari bahan-bahan alami yang umumnya aman dikonsumsi siapa saja, namun tidak ada salahnya untuk memastikannya. Kemudian minumlah obat sesuai aturan pakai yang dianjurkan dan cek Kembali tanggal kadaluarsanya.

Baca Juga: Keunggulan Bahan-bahan Herbal untuk Meredakan Sakit kepala

  1. Sebagian obat bisa dicampur

Jika Anda bermaksud mencampurkan obat herbal dengan teh atau madu agar obat herbal lebih enak dikonsumsi, boleh saja. Biasanya obat herbal memang bisa dikonsumsi dengan campuran lain. Namun ada baiknya untuk membaca petunjuk pada kemasan dulu untuk memastikannya!

  1. Konsultasikan dengan dokter

Jika ragu, Anda bisa melakukan konsultasi dengan dokter terkait keamanan produk. Mungkin Anda belum familiar menggunakan obat-obatan herbal dan merasa ragu. Jangan cemas, berkonsultasilah dengan dokter.

Itulah empat cara agar obat herbal lebih efektif saat dikonsumsi. Dengan mengikuti cara mengonsumsi obat yang benar, Anda tidak perlu khawatir lagi untuk menggunakan obat-obatan herbal untuk mengatasi masalah Kesehatan Anda.

Artikel Lainnya: Jangan Panik Dulu, Ini Cara Mengobati Flu dan Batuk di Masa Pandemi