Penyebab Sakit Kepala Berkepanjangan Ini Sering Anda Lakukan Secara Tidak Sadar. Apa Saja, Ya?

Penyebab Sakit Kepala Berkepanjangan Ini Sering Anda Lakukan Secara Tidak Sadar. Apa Saja, Ya?

Hingga kini masih banyak orang yang belum tahu bahwa kebiasaan yang selama ini dilakukan mungkin saja menjadi salah satu penyebab sakit kepala berkepanjangan. Mungkin awalnya mereka hanya mengira bahwa sakit kepala yang dirasakan hanya datang sewaktu-waktu saja, namun yang terjadi justru sebaliknya. Sakit kepala tak kunjung sembuh, bahkan tak jarang keluhannya menjadi semakin parah. Kira-kira apa saja ya kebiasaan yang harus kita hentikan agar terhindar dari sakit kepala berkepanjangan?

Kebiasaan Penyebab Sakit Kepala Berkepanjangan

Melewatkan Makan

Sebagai seorang pekerja, menyelesaikan pekerjaan kantor tentu akan sangat menyita waktu dan tenaga. Bahkan saking sibuknya dalam bekerja sampai membuat kita seringkali melewatkan waktu makan. Meski awalnya dianggap sebagai hal sepele, namun tahukah Anda bahwa jika kebiasaan ini dilakukan secara berulang, maka bisa memicu timbulnya sakit kepala tiba-tiba yang cukup mencengkeram, lho. 

Main Game dan Begadang

Penyebab sakit kepala berkepanjangan yang selanjutnya adalah kebiasaan menatap layar komputer atau handphone dalam waktu yang lama, terutama untuk bermain game hingga begadang. Bagi sebagian orang menganggap bahwa hal ini adalah aktivitas yang menyenangkan, namun juga bisa menimbulkan nyeri di kepala akibat aliran darah yang tidak lancar dan membuat otot mata tegang.

Baca Juga: Mata Berkunang-kunang Saat Sakit Kepala Sebelah

Tidur Terlalu Lama

Ternyata tidur terlalu lama saat libur akhir pekan juga bisa menimbulkan sakit kepala. Pada akhir pekan, orang cenderung bangun lebih siang atau tidur lebih malam, Alexander Mauskop, MD, pendiri dan direktur New York Headache Center berpendapat perubahan rutinitas tersebut justru bisa jadi pemicu sakit kepala. Jadi usahakan Anda tetap bangun dan tidur di jam yang sama (atau paling tidak berdekatan) dengan waktu normal Anda.

Menghindari Sakit Kepala Berkepanjangan

Jika Sakit Kepala Berkepanjangan Mulai Melanda, Apa yang Harus Dilakukan?

Tak perlu bingung, segera lakukan beberapa hal berikut ini untuk mengatasi sakit kepala tegang yang cukup mengganggu.

  • Melakukan relaksasi, yaitu melalui olahraga seperti olahraga, yoga, dan juga memberikan pijatan di area sekitar mata, pelipis, titik antara ibu jari dan telunjuk, serta bagian jempol kaki.
  • Mengompres dahi dan leher menggunakan kain bersih yang dibasahi dengan air hangat. Tujuannya adalah untuk meregangkan otot yang tegang dan juga melancarkan aliran darah agar suplai oksigen ke otak terpenuhi.
  • Mengonsumsi obat pereda sakit kepala yang sesuai, karena beda sakit kepala beda obatnya

Baca Juga: Praktis, Ini Obat Pereda Sakit Kepala dan Demam Tinggi Saat #dirumahaja

Sumber: Halodoc