Mengalami Flu dan Batuk Berdahak Maupun Kering Hanya di Pagi atau Malam Hari

Mengalami Flu dan Batuk Berdahak Maupun Kering Hanya di Pagi atau Malam Hari

Flu dan batuk berdahak merupakan masalah kesehatan yang paling sering kita alami. Penyebabnya pun beragam, mulai dari infeksi virus di saluran pernapasan, perubahan cuaca, konsumsi makanan tertentu, hingga adanya kondisi penyakit tertentu. Namun, bagaimana jika keluhannya hanya terjadi saat pagi atau malam hari saja, ya?

Flu dan batuk berdahak maupun kering hanya terjadi saat pagi atau malam hari?

Dilansir dari Hellosehat.com, pilek dan batuk berdahak yang terjadi di pagi hari bisa jadi akibat posisi tidur terlentang di malam hari, sehingga menyebabkan penumpukan dahak yang menekan saluran pernapasan. Hal inilah yang membuat Anda batuk berdahak terus-menerus saat bangun di pagi hari. Kemungkinan lain yang menyebabkan seseorang mengalami pilek dan batuk berdahak di pagi atau malam hari adalah alergi, misalnya saja paparan alergen seperti debu, serbuk sari, atau udara dingin.

Baca Juga: Cara Mengobati Sakit Flu dan Batuk Saat Roadtrip Bersama Keluarga

Selain dengan memeriksakan kondisi pada dokter, hal lain yang bisa Anda lakukan saat flu dan batuk berdahak melanda adalah sebagai berikut.

  • Menggunakan masker saat beraktivitas
  • Mengonsumsi makanan bernutrisi
  • Minum air hangat yang cukup setiap harinya
  • Istirahat cukup selama enam hingga delapan jam
  • Mengelola stress dengan baik
  • Minum obat yang mengandung kombinasi paracetamol, phenylephrine, glyceryl guaiacolate dan bromhexine, yang bekerja sebagai analgesik-antipiretik (penurun panas), dekosngestan (pelega) hidung, ekspektoran (pengeluaran dahak), dan mukolitik (pengencer dahak). Efektif mengencerkan dahak dan mengatasi rasa gatal di tenggorokan.

Artikel Lainnya: Mengobati Sakit Kepala Sebelah dengan Refleksi Kepala, Bolehkah?