Cara Mengobati Sakit Flu dan Batuk Saat Roadtrip Bersama Keluarga

Cara Mengobati Sakit Flu dan Batuk Saat Roadtrip Bersama Keluarga

Mengalami sakit flu dan batuk saat melakukan roadtrip bersama keluarga tentu menjadi hal yang cukup menyebalkan. Pasalnya, keluhan ini bisa saja mengganggu jadwal dan rangkaian acara yang sudah direncanakan jauh hari. Jika hal ini terjadi pada Anda, segera redakan flu dan batuk dengan beberapa cara berikut.

Cara Mengobati Flu dan Batuk: 

1. Istirahat Cukup

Saat flu dan batuk melanda di tengah perjalanan liburan keluarga, badan akan cenderung lemas dan kurang bersemangat. Namun tak perlu khawatir, ini saatnya untuk memanfaatkan rencana cadangan. Caranya adalah dengan memesan hotel atau penginapan terdekat lalu gunakan waktu untuk beristirahat total. Pastikan Anda mendapatkan istirahat yang cukup di malam hari, sehingga bisa bangun dengan tubuh yang segar dan bisa kembali melanjutkan perjalanan keesokan harinya.

2. Minum Air Putih Hangat

Cara mengobati flu dan batuk saat berlibur dengan keluarga adalah dengan minum air hangat. Tak hanya membantu melegakan hidung tersumbat, hal ini juga bisa membuat tenggorokan terasa nyaman dan mengencerkan lendir saat batuk. Selain itu, minum cukup air mineral terutama yang hangat juga bisa membantu mendorong virus dan bakteri yang menempel di tenggorokan menuju lambung dan dikeluarkan melalui urin.

Baca Juga: Ciri Batuk Berdahak yang Perlu Anda Waspadai

3. Makan Makanan Bernutrisi

Liburan bersama keluarga bukan berarti Anda bisa makan sembarangan, terutama jika flu dan batuk melanda. Untuk membantu meredakannya, pastikan untuk selalu makan makanan bernutrisi dan tinggi akan kandungan airnya, seperti sop ayam dan buah-buahan segar. Beberapa makanan ini bisa mencegah dehidrasi dan sayuran yang ada di dalamnya bisa menjadi sumber vitamin dan juga mineral yang dibutuhkan oleh tubuh.

4. Atur Suhu AC

Cara mengobati flu dan batuk saat roadtrip menggunakan kendaraan pribadi selanjutnya adalah dengan mengatur AC di dalam mobil agar tidak terlalu dingin. Pastikan juga untuk menggunakan pakaian yang nyaman dan mudah menyerap keringat, ya.

5. Minum Obat Flu dan Batuk

Saat flu dan batuk melanda, langkah paling cepat dan efektif selanjutnya adalah dengan minum obat flu dan batuk. Berhubung sedang melakukan perjalanan menggunakan kendaraan pribadi, maka Anda bisa memilih obat yang tidak menyebabkan  rasa ngantuk. Untuk flu dan batuk berdahak, redakan dengan minum obat flu dan batuk berdahak yang mengandung Paracetamol untuk meredakan gejala flu seperti demam dan sakit kepala, serta kandungan Guaifenesin dan Bromhexine di dalamnya bekerja dalam mengencerkan dahak dan mengeluarkan dahak, sedangkan Phenylephrine (PE) bekerja secara efektif membantu melegakan pernapasan dan tenggorokan.

Jika flu disertai batuk tidak berdahak, minum obat flu disertai batuk tidak berdahak yang mengandung kombinasi formula Paracetamol untuk meredakan gejala flu seperti demam dan sakit kepala, Phenylephrine (PE) yang bekerja secara efektif membantu melegakan pernapasan dan tenggorokan tanpa menyebabkan kantukdan Dextromethorphan yang bekerja menekan titik pusat batuk di otak untuk meredakan batuk tidak berdahak yang disertai gejala flu seperti bersin-bersin dan hidung tersumbat.

Selain beberapa cara di atas, pastikan juga untuk melakukan beberapa hal berikut ini selama perjalanan, ya:

  • Menggunakan masker agar tidak menularkan ke anggota keluarga lainnya
  • Rajin mencuci tangan menggunakan sabun dan air bersih
  • Menggunakan alat makan yang terpisah
  • Menutup mulut dan hidung menggunakan tangan atau lipatan siku saat bersin dan batuk

Artikel Lainnya: Gejala Penyerta yang Harus Diwaspadai Saat Sakit Kepala Migrain Melanda