Mengobati Sakit Kepala Sebelah dengan Refleksi Kepala, Bolehkah?

Mengobati Sakit Kepala Sebelah dengan Refleksi Kepala, Bolehkah?

Mengobati sakit kepala sebelah bisa dilakukan dengan beberapa cara, salah satunya adalah dengan memberikan pijatan ringan atau refleksi di bagian kepala. Namun, tentunya harus dilakukan dengan benar agar keluhan cepat mereda. Bagaimana caranya?

Refleksi sakit kepala sebelah di beberapa titik

Tak hanya di bagian kepala saja, metode refleksi atau pijatan juga dilakukan di beberapa titik bagian tubuh lainnya yang terhubung langsung dengan pusat sakit kepala. Memberikan pijatan mampu membantu melancarkan aliran darah pada bagian tubuh yang terhubung langsung dengan pusat sakit kepala. Selain dengan mengunjungi tempat refleksi, Anda juga bisa mengatasi sakit kepala mencengkeram dengan memijat sederhana beberapa titik tubuh berikut ini.

  • Refleksi sakit kepala sebelah di area mata

Sakit kepala sebelah biasanya muncul dengan ditandai dengan rasa nyeri di area sekitar mata (baik kanan maupun kiri) karena otot mata menegang dan menyebabkan rasa pusing. Oleh karena itu, untuk mengatasinya Anda bisa memejamkan mata, lalu taruh ibu jari atau telunjuk di bawah alis, lakukan gerakan memijat secara memutar di bagian kelopak mata menuju tulang hidung. Lakukan beberapa kali hingga rasa pusingnya mereda.

  • Pelipis dan Dahi

Bagian tubuh lainnya yang juga terhubung dengan pusat sakit kepala sebelah adalah pelipis dan dahi. Anda bisa memberikan pijatan menggunakan ujung jari kedua tangan Anda secara memutar di bagian pelipis, dahi, dan area kepala lainnya. Berikan tekanan lembut di beberapa titik ini dan ulangi beberapa kali hingga sakit kepala mereda.

Baca Juga: Mengalami Sakit Kepala Sebelah disertai Demam Tinggi? Waspada Penyakit Ini, Ya!

  • Titik Antara Ibu Jari dan Telunjuk

Caranya adalah dengan memberikan sedikit tekanan di bagian tersebut secara berulang. Anda juga bisa memijat seluruh bagian kedua telapak tangan untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

  • Bahu dan Leher

Gejala lain yang mungkin timbul adalah rasa nyeri di bagian bahu dan leher akibat otot yang tegang. Untuk itu, Anda juga bisa memberikan pijatan di kedua bagian ini menggunakan tangan atau bantuan alat. Jangan lupa juga untuk rutin melakukan gerakan peregangan di sela aktivitas, seperti:

  1. Menekuk kepala ke kanan dan tahan posisi ini selama 15 detik. Lakukan di kedua sisi secara berulang hingga sakit kepalanya mereda.
  2. Seated forward bend, yaitu duduk di lantai dengan meluruskan kedua kaki ke depan. Setelah itu mendorong tubuh ke depan secara perlahan dan usahakan agar jari tangan menyentuh jari kaki dengan posisi lutut tetap lurus tidak menekuk. Tujuan dari posisi ini adalah untuk membantu melancarkan aliran darah ke jantung agar dapat memompa oksigen ke otak dan tubuh bagian atas dengan baik.

Selain melakukan refleksi sakit kepala sebelah, hal lain yang bisa Anda lakukan untuk meredakan rasa nyeri di kepala adalah dengan minum obat kepala sebelah yang mengandung paracetamol dan propifenazon yang efektif cepat mengatasi migraine, menerapkan pola makan yang sehat, istirahat cukup, mengatur pencahayaan agar tidak terlalu terang atau gelap, dan juga melakukan gerakan peregangan di tengah aktivitas padat.