Ketahui 5 Hal Ini Agar Kamu Terhindar dari Sakit Kepala

Ketahui 5 Hal Ini Agar Kamu Terhindar dari Sakit Kepala

Meski menjadi penyakit yang mungkin dialami oleh siapa saja, namun bukan berarti bahwa keluhan sakit kepala menjadi hal yang tak bisa Anda hindari. Agar kesehatan tetap terjaga dan terhindar dari sakit kepala, berikut ini beberapa hal yang harus Anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari.

 

1. Memenuhi kebutuhan air mineral

Terbiasa minum kopi saat memulai aktivitas di pagi hari? Sebaiknya mulai ubah kebiasaan Anda yang satu ini, ya. Jika biasanya Anda bisa mengonsumsi lebih dari tiga gelas kopi setiap harinya, kurangilah menjadi satu cangkir kopi dan ganti sisanya dengan minum air mineral untuk mencegah dehidrasi yang bisa menyebabkan sakit kepala tegang.

2. Aktif bergerak

Cara kedua untuk mencegah terjadinya sakit kepala adalah dengan aktif bergerak dengan berolahraga rutin agar peredaran darah dalam tubuh berjalan lancar, sehingga pasokan oksigen juga terpenuhi dengan baik. Tak perlu olahraga berat, Anda bisa melakukan olahraga ringan seperti bersepeda, berenang, melakukan gerakan peregangan, atau dengan berjalan kaki selama 30 menit setiap harinya.

3. Tidak memakai masker dan aksesoris kepala yang terlalu ketat

Penggunaan masker, inner hijab, atau aksesoris kepala yang terlalu ketat juga seringkali menjadi penyebab seseorang mengalami sakit kepala. Oleh karena itu, usahakan untuk memilih masker dengan tali atau karet yang tidak terlalu ketat (bisa dipakai dengan bantuan konektor), inner hijab dengan bahan lentur, mengikat rambut tidak terlalu kencang dan dalam waktu yang lama, atau penggunaan topi yang kekecilan.

4. Mengelola stress

Cara selanjutnya adalah dengan meluangkan waktu untuk melakukan berbagai hal menyenangkan atau hobi Anda selama ini. Tujuannya adalah untuk mengelola stress, sehingga otot kepala tidak terlalu tegang akibat beban pekerjaan yang cukup padat di kantor.

5. Memperbaiki postur tubuh

Selanjutnya, hindari sakit kepala dengan cara memperbaiki postur tubuh. Saat berdiri, posisikan tubuh dan kepala dalam posisi tegak. Sama halnya saat duduk, pastikan punggung dan kepala dalam posisi tegak dan tidak membungkuk. Hindari bekerja dengan cara duduk tidur telungkup di sofa atau kasur. Dengan begini, Anda bisa mencegah terjadinya sakit kepala tegang akibat peredaran darah yang tidak lancar.

Itu dia beberapa hal yang mesti Anda perhatikan agar terhindar dari sakit kepala yang mengganggu, apalagi Anda memiliki rutinitas harian yang cukup padat. Sebagai langkah untuk berjaga-jaga, Anda juga bisa menyediakan obat pereda sakit kepala yang cepat redakan sakit kepala yang diminum sebelum maupun sesudah makan tanpa menimbulkan kantuk. Dengan begini, Anda bisa langsung mengonsumsinya agar keluhannya mereda dan tetap bisa menjalankan aktivitas dengan lebih nyaman.

Baca Juga:  Kembali 100% WFO dan Sering Merasakan Sakit Kepala Saat di Jalan? Berikut Cara Mengatasinya!

bodrex untuk sakit kepala mencengkram