Kembali 100% WFO dan Sering Merasakan Sakit Kepala Saat di Jalan? Berikut Cara Mengatasinya!

Kembali 100% WFO dan Sering Merasakan Sakit Kepala Saat di Jalan? Berikut Cara Mengatasinya!

Kembali bekerja di kantor dan menghadapi kemacetan jalanan setelah sekian lama work from home tentu membuat kita harus beradaptasi dengan baik. Namun, tak bisa dipungkiri bahwa proses peralihan ini juga seringkali memicu munculnya sakit kepala yang tak tertahankan, terutama saat berada di perjalanan. Lantas, bagaimana cara mengatasinya?

Penyebab Sakit Kepala Saat di Jalan

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai cara mengatasi sakit kepala, berikut ini beberapa faktor yang mungkin menyebabkan munculnya rasa nyeri di kepala saat berada dalam perjalanan baik menuju atau sepulangnya dari kantor.

1. Melewatkan sarapan

Apakah Anda termasuk salah satu yang seringkali melewatkan sarapan sebelum beraktivitas? Jika iya, maka jangan heran jika Anda sering mengalami sakit kepala, apalagi saat terjebak macet di pagi hari. Tak hanya membuat tubuh kekurangan stamina, melewatkan sarapan juga bisa memicu sakit kepala akibat rendahnya gula darah yang merupakan ‘bahan bakar’ seperti glukosa ke otak kita. Kondisi inilah yang menyebabkan menurunnya fungsi sel otak dan memicu sakit kepala.

2. Pekerjaan yang cukup padat

Pekerjaan yang cukup padat disertai dengan meeting tanpa henti berpotensi meningkatkan produksi hormon kortisol penyebab stres pada tubuh. Saat hormon stress meningkat, maka hal ini akan memicu timbulnya sakit kepala.

3. Kurang tidur

Kebiasaan begadang untuk bermain game, menyelesaikan pekerjaan kantor, atau bahkan sekadar scrolling media sosial hingga lupa waktu juga bisa menyebabkan seseorang mengalami sakit kepala dan merasa lemas saat bangun keesokan paginya. Oleh, karea itu sebaiknya penuhi kebutuhan waktu istirahat selama enam hingga delapan jam setiap malamnya, ya.

 

4. Kekurangan cairan tubuh atau dehidrasi

Sakit kepala juga bisa disebabkan oleh kekurangan cairan dalam tubuh. Biasanya, hal ini terjadi karena Anda tidak mencukupi kebutuhan air mineral setiap harinya, sehingga tubuh kekurangan pasokan oksigen ke otak yang menyebabkan sakit kepala.

 

Cara Mengatasi Sakit Kepala Saat di Jalan

Jika sakit kepala terasa mengganggu saat berada di perjalanan menuju kantor, segera lakukan beberapa hal berikut ini.

  • Bila Anda berkendara menggunakan kendaraan pribadi, sebaiknya berhenti sejenak ke tempat yang aman. Berikan pijatan ringan untuk mengurangi sakit kepala di bagian leher, pundak, dan pelipis. Jika memungkinkan, gunakan waktu untuk tidur sekejap, setidaknya selama 30 menit.
  • Terbiasa menggunakan transportasi umum untuk berangkat ke kantor? Tak perlu khawatir, Anda juga bisa mengatasinya dengan cara memberikan pijatan ringan di area pundak, leher, dan pelipis.
  • Minum air mineral yang cukup.
  • Jika keluhannya cukup mengganggu, Anda bisa membeli obat pereda sakit kepala di toko terdekat, kemudian langsung meminumnya. Agar lebih aman, pastikan untuk memilih pilihlah obat pereda sakit kepala yang cepat meredakan sakit kepala, dapat diminum sebelum makan dan tanpa ngantuk, sehingga anda bisa tetap melanjutkan aktivitas.
  • Hindari begadang untuk bermain game atau menyelesaikan pekerjaan kantor.

Selain beberapa cara di atas, terapkan juga pola hidup sehat sebagai cara mengatasi sakit kepala yang paling efektif. Diantaranya adalah dengan mulai rutin berolahraga, mencukupi kebutuhan tidur, hingga memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh dengan makanan bergizi seimbang. Namun, jika keluhannya semakin mengganggu, Anda juga bisa sedia obat pereda sakit kepala yang bekerja cepat untuk meredakan keluhannya, sehingga Anda bisa kembali melanjutkan perjalanan.

Baca Juga: Benarkah Mandi Tengah Malam Bisa Sebabkan Sakit Kepala Tegang?

bodrex untuk sakit kepala mencengkram