Jangan Sembarangan Minum Obat, Ini Cara Meredakan Sakit Kepala Sesuai Jenisnya

Jangan Sembarangan Minum Obat, Ini Cara Meredakan Sakit Kepala Sesuai Jenisnya

Apa yang Anda lakukan ketika mengalami sakit kepala? Apakah mengambil obat sakit kepala apapun yang ada di rumah? Jika ya, sebaiknya hentikan kebiasaan itu. Sebab jika mengonsumsi obat yang tidak tepat, sakit kepala justru tak akan sembuh akibat kerja obat yang tidak efektif. Mulai sekarang, jangan sembarangan minum obat, ini cara meredakan sakit kepala sesuai jenisnya!

Jenis-Jenis Sakit Kepala

1. Tension headache

Ditandai dengan rasa sakit di kedua sisi kepala seperti ditekan. Tekanan biasanya juga terasa di bagian belakang kepala bahkan leher. Penyebabnya bisa karena stres,  ketegangan dan kecemasan, kelelahan, hingga postur yang buruk. 

2. Hormone headache

Seperti namanya, sakit kepala ini disebabkan oleh perubahan hormon. Misalnya terjadi pada wanita saat mengalami menstruasi, masa kehamilan, menopause, atau disebabkan penggunaan pil pengatur kehamilan. Meski demikian, perubahan hormon bisa juga memicu jenis sakit kepala lain seperti migrain.

Baca JugaCara Menghilangkan Sakit Kepala Akibat Perubahan Hormon

3. Migrain

Sering juga disebut sakit kepala sebelah. Ditandai dengan denyut di salah satu sisi kepala yang berlangsung selama beberapa waktu mulai dari hitungan jam bahkan bisa mencapai tiga hari. Migrain juga bisa kumat 1-4 kali tiap bulan. Biasanya penderita migren sensitif terhadap cahaya, kebisingan, hingga bebauan. Penyebabnya sulit dipastikan, namun perubahan hormon, stres, pola makan maupun tidur yang tidak tepat bisa turut memicu dan memperparah migrain. Penderita migrain biasanya menjadi sangat sensitif terhadap cahaya, suara, ataupun bau. Pada gejala yang parah, penderita migrain bahkan mengalami mual dan muntah.

Setelah mengetahui berbagai karakteristik di atas, apakah Anda sudah mengenal jenis sakit kepala yang biasa dialami? Kini jangan lagi sembarangan minum obat dan redakan sakit kepala sesuai dengan jenisnya. Beda sakit kepala, beda obatnya, jadi jangan sampai salah pilih! Jika sakit kepala yang Anda rasakan tak kunjung membaik meski sudah mengonsumsi obat selama beberapa hari, pertimbangkan untuk berkonsultasi dengan dokter. Jaga terus kesehatan Anda dan keluarga ya!

Baca Juga: Macam-macam Obat bodrex