Cara Mengatasi Tension Headache atau Sakit Kepala Mencengkeram Selama WFH

Cara Mengatasi Tension Headache atau Sakit Kepala Mencengkeram Selama WFH

Cara mengatasi tension headache atau sakit kepala mencengkeram saat WFH menjadi hal penting yang harus diketahui, terutama bagi mereka yang memiliki pekerjaan yang cukup padat setiap harinya. Sakit kepala tegang atau yang disebut dengan tension headache terkadang terjadi secara mendadak dan dirasakan di sekitar mata, tengkuk, hingga pundak sehingga cukup mengganggu. Jika keluhan ini melanda, segera lakukan beberapa hal berikut ini.

Cara mengatasi sakit kepala mencengkeram

1. Istirahat dari Aktivitas Menatap Layar

Cara mengatasi tension headache saat bekerja di rumah adalah dengan segera menghentikan aktivitas di depan layar untuk beberapa saat. Anda bisa berjalan menghirup udara segar di luar sambil memijit bagian pelipis, pundak, dan leher secara perlahan untuk meringankan rasa sakit di kepala. Setelah mereda, Anda bisa kembali bekerja dengan mengatur pencahayaan layar agar tidak membuat otot mata bekerja secara berlebihan dan menjadi tegang, sehingga tidak membuat sakit kepala menjadi lebih parah.

Baca Juga: Bagaimana Sakit Kepala Mencengkram Bisa Terjadi

2. Melakukan Gerakan Peregangan

Lakukan juga gerakan peregangan yang merupakan bagian dari yoga untuk membantu melancarkan aliran darah dan oksigen ke otak dan tubuh bagian atas. Berikut ini beberapa gerakan yang bisa Anda lakukan di rumah.

  • Seated forward bend, yaitu duduk di lantai dengan meluruskan kedua kaki ke depan. Setelah itu mendorong tubuh ke depan secara perlahan dan usahakan agar jari tangan menyentuh jari kaki dengan posisi lutut tetap lurus tidak menekuk. Tujuan dari posisi ini adalah untuk membantu melancarkan aliran darah ke jantung agar dapat memompa oksigen ke otak dan tubuh bagian atas dengan baik.
  • Child’s pose, yaitu duduk bersimpuh dengan menekuk kedua kaki, kemudian menekuk tubuh (posisi membungkuk dengan kening menempel lantai atau matras) dengan kedua tangan lurus ke depan sejauh mungkin, posisi telapak tangan menghadap ke bawah. Posisi ini bertujuan untu membalikkan gaya gravitasi ke arah atas, sehingga mendorong oksigen lebih banyak ke bagian leher, bahu, dan punggung untuk membantu mengatasi sakit kepala selama #dirumahaja.
  • Berbaring di lantai dan menaikkan kedua kaki ke dinding. Tujuannya adalah untuk membalikkan gaya gravitasi agar aliran darah ke otak menjadi lebih lancar. Dengan begini, asupan oksigen ke kepala menjadi lancar sehingga bisa meredakan sakit kepala.
  • Posisi berbaring dengan memeluk kedua kaki yang ditekuk sampai dada dan menahannya selama 30 hingga 60 detik untuk meregangkan otot punggung dan melancarkan peredaran darah ke otak.

Itulah cara mengatasi tension headache atau sakit kepala mencengkeram yang rawan terjadi selama WFH. Bila perlu, minum obat pereda sakit kepala dan berkonsultasilah pada dokter.

Baca Juga: Jalani New Normal Tanpa Panik, Ini Pereda Sakit Kepala dan Demam Tinggi yang Cocok untuk Anda