Cuaca Panas Bisa Jadi Penyebab Sering Pusing, Fakta atau Bukan

Cuaca Panas Bisa Jadi Penyebab Sering Pusing, Fakta atau Bukan

Pernahkah Anda merasa pusing atau sakit kepala karena cuaca yang panas? Jika ya, keluhan ini tidak hanya berasal dari Anda. Bahkan saking banyaknya keluhan yang muncul, banyak orang percaya bahwa perubahan cuaca, seperti hari yang panas dan cerah, dapat memicu sakit kepala atau memperburuk gejala sakit kepala. Akhirnya banyak penelitian dilakukan untuk membuktikannya, namun kaitannya belum bisa dibuktikan dengan pasti.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa panas memang dapat memicu sakit kepala pada beberapa orang, sementara penelitian lainnya tidak menemukan hubungan yang signifikan antara kedua hal ini. Misalnya, dalam sebuah penelitian dengan lebih dari 7.000 peserta yang dirawat di departemen darurat rumah sakit Boston, suhu yang lebih tinggi ditemukan dapat meningkatkan risiko sakit kepala. Para peneliti melaporkan bahwa untuk setiap 5 derajat Celcius (9 derajat Fahrenheit) peningkatan suhu, risiko sakit kepala meningkat sekitar 7,5%.

Sementara itu penelitian lainnya justru tidak menemukan keterkaitan antara cuaca dan sakit kepala. Pada sebuah penelitian kecil di Wina dilakukan perbandingan buku harian sakit kepala terperinci dari 238 penderita migrain dengan 17 situasi cuaca yang berbeda selama periode pengujian yang ditetapkan (90 hari). Para peneliti menyimpulkan bahwa faktor cuaca hanya memiliki dampak yang kecil dan dapat dipertanyakan pada migrain dan sakit kepala.

Faktor lingkungan lain juga dapat memainkan peran. Sebuah penelitian yang meneliti orang di New York dan Connecticut menemukan bahwa ketika bicara tentang cuaca sebagai faktor migrain, panas adalah penyebab paling umum, tetapi lebih dari 25% peserta juga dipengaruhi oleh perubahan tekanan barometrik. Jadi, cuaca panas bukanlah alasan tunggal. Untuk sebagian orang hal ini mungkin berpengaruh, tetapi tidak untuk sebagian orang lainnya. Kesimpulan ini juga harus memperhitungkan pemicu lainnya termasuk kurang tidur, stres, dan die yang diterapkan.

Meskipun demikian, jika Anda mengalami sakit kepala—entah karena cuaca panas atau bukan—segeralah atasi dengan cara tepat. Sebab jika dibiarkan, sakit kepala bisa sangat mnyiksa dan mengganggu aktivitas Anda.

Anda bisa melakukan tindakan pencegahan seperti menggunakan topi dan sunglasses ketika cuaca panas. Cukupkan juga kebutuhan air minum agar Anda tidak sakit kepala akibat dehidrasi, ya!