Cara Menyembuhkan Flu dan Batuk dengan Cepat

Cara Menyembuhkan Flu dan Batuk dengan Cepat

Meski kesannya sepele, namun rasanya tidak ada orang yang ingin mengalami flu dan batuk berlama-lama. Normalnya, flu dan batuk akan sembuh dalam beberapa hari. Namun jika dibiarkan dan tidak ditangani dengan tepat, penyakit ini bisa diderita lebih dari satu minggu. Tentunya membuat tidak nyaman dan kualitas hidup terganggu. Lakukan beberapa tips di bawah untuk membantu menghilangkan flu dan batuk dengan cepat!

Booster vitamin C

Flu dan batuk ditularkan oleh virus. Dalam kondisi tubuh yang fit, Anda mungkin akan tetap sehat sekalipun terpapar virus flu. Namun jika tubuh tidak dalam kondisi yang prima, maka sangat mudah terjangkit virus penyakit. Saat sedang flu, Anda bisa memperbanyak konsumsi buah dan sayuran yang banyak mengandung vitamin C seperti jeruk, apel, pepaya, jambu biji, stroberi, brokoli, kubis, dan lain sebagainya. Vitamin C diketahui dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan membantu proses pemulihan. Selain itu Vitamin C meningkatkan penyerapan zat besi dari makanan dan membantu sistem kekebalan tubuh bekerja dengan baik sehingga dapat melindungi tubuh dari penyakit.

Buat diri Anda hangat

Udara yang dingin dapat meningkatkan produksi lendir. Hal ini tentunya sangat tidak nyaman bagi Anda yang sedang mengalami flu. Jadi pastikan diri Anda tetap hangat tetapi tidak kepanasan. Misalnya atur pendingin ruangan pada suhu yang tidak membuat Anda menggigil, minuman, dan makanan hangat juga bisa membantu memberi rasa nyaman di kala flu.

Gunakan masker

Selain mencegah menularkan virus flu ke orang lain, menggunakan masker juga bertujuan melindungi diri Anda dari paparan virus yang bisa memperburuk kondisi Anda. Selain itu menggunakan masker juga bisa jadi salah satu trik untuk membantu meringankan hidung tersumbat.

Pilih Obat yang Sesuai Keluhan

Terakhir, jangan lupa pilihlah jenis yang sesuai dengan keluhan Anda. Jika Anda flu disertai batuk berdahak, minum minum obat dengan kombinasi paracetamol, phenylephrine, glyceryl guaiacolate dan bromhexine, bekerja sebagai analgesik-antipiretik (penurun panas), dekosngestan (pelega) hidung, ekspektoran (pengeluaran dahak, dan mukolitik (pengencer dahak) yang efektif mengencerkan dahak dan mengatasi rasa gatal di tenggorokan.

Sedangkan jika Anda menderita flu disertai batuk tidak berdahak, minum obat dengan formula paracetamol, phenylephrine, dextromehorphan, bekerja sinergis untuk meredakan gejala flu seperti demam, hidung tersumbat dan bersin-bersin sekaligus mengatasi batuk tidak berdahak, kering dan terasa serak di tenggorokan.