Hampir setiap wanita menanti-nantikan momen dimana mereka menjadi ibu. Namun ketika saat yang dinantikan tiba, ternyata kehidupan Anda benar-benar berubah 180°! Selain jauh lebih bahagia setelah menimang si buah hati, Anda juga menghadapi berbagai perubahan secara fisik. Salah satunya jadi sering sakit kepala! Apakah Anda mengalami hal ini juga? Jika ya, mungkin 5 alasan di bawah ini bisa jadi pemicu sakit kepala yang sering dialami oleh ibu baru.

Tanggung Jawab Bertambah

Bertambahnya tanggung jawab adalah salah satu alasan yang membuat Anda sakit kepala. Jika tadinya hanya mengurus diri sendiri dan suami, kini Anda harus mengurus si kecil yang butuh perhatian ekstra. Jika tadinya menjalani gaya hidup yang santai dan cuek kini Anda menuntut diri untuk jadi lebih perfeksionis karena ingin memberi yang terbaik untuk anak dalam berbagai aspek. Perubahan ini mungkin membuat Anda sedikit kesulitan beradaptasi pada awalnya hingga akhirnya Anda jadi sakit kepala!

Kelelahan

Peran untuk mengurus anggota keluarga terbaru Anda benar-benar menyita waktu, khususnya di bulan pertama setelah melahirkan. Sebagian bayi memiliki jam tidur yang belum teratur—atau bahkan terbalik dengan jadwal tidur Anda. Hal ini tentu saja menguras tenaga dan membuat Anda kurang tidur. Belum lagi keharusan menyusui atau membuatkan susu setiap beberapa jam sekali di tengah waktu tidur Anda. Akibatnya rasa lelah yang tidak dibarengi istirahat yang cukup ini membuat Anda sakit kepala. Kuatkan diri Anda yaa, fase ini akan berlalu kok!

Mengabaikan kebutuhan pribadi

Mulai dari makan hingga rekreasi, semua tidak lagi jadi prioritas ibu. Kebanyakan ibu akan mendahulukan kepentingan anak dan keluarga. Tak heran jika terkadang, ibu sampai ‘lupa’ merawat dirinya sendiri.

Tak sempat olahraga

Olahraga sebenarnya adalah keharusan bagi semua orang, terutama seorang ibu. Dengan fisik yang bugar, Anda akan lebih siap untuk melakukan berbagai aktivitas setiap harinya. Namun, banyak pula ibu baru yang merasa kesulitan menemukan waktu untuk berolahraga. Padahal olahraga dapat melancarkan aliran darah lebih lancar dan jika aliran darah ke otak lancar, otomatis pasokan oksigen ke otak juga lancar sehingga Anda bisa meminimalisir kemungkinan sakit kepala.

Stres

Terlalu banyak kritik dan saran (yang tidak diminta) seputar motherhood, dapat mengakibatkan stres pada ibu baru. Apalagi jika komentar tersebut datang dari orang terdekat Anda seperti suami, orangtua, atau mertua. Duh, pasti membuat sedih dan kepikiran. Jika Anda bisa mengambil sisi baiknya dan berlapang dada menerima kritikan tersebut, bagus! Namun jika tidak, Anda akan merasa tertekan bahkan hingga mengalami sakit kepala.

Tenang saja, meskipun menjadi ibu baru memiliki banyak tantangan tersendiri, namun Anda juga akan mendapatkan kebahagiaan yang luar biasa saat menjalaninya. Anda hanya butuh sedikit waktu untuk beradaptasi, jadi tenang saja! Meski demikian, sakit kepala tidak boleh dibiarkan mengganggu keseharian Anda. Jika sakit kepala menyerang, minum saja bodrex. Kandungan paracetamol-nya berfungsi sebagai analgesik yang mampu meredakan rasa sakit kepala, sekaligus bekerja sebagai antipiretik untuk turunkan demam.  bodrex dapat diminum sebelum makan dan tidak menyebabkan kantuk. bodrex aman dikonsumsi oleh ibu menyusui selama digunakan sesuai dosis anjuran yang tertera pada kemasan dan tidak dikonsumsi dalam jangka waktu panjang.

ARTIKELTERKAIT

Sering Sakit Kepala? Ini Cara Aman Menghilangkannya
30-June-2019

Sering Sakit Kepala? Ini Cara Aman Menghilangkannya

Mungkin hal ini disebabkan oleh pengobatan yang tidak sesuai dengan keluhan dan jenis sakit kepala Anda. Berikut ini adalah jenis-jenis .... read more
Cara Menghilangkan Sakit Kepala Akibat Perubahan Hormon
21-May-2019

Cara Menghilangkan Sakit Kepala Akibat Perubahan Hormon

Cara Menghilangkan Sakit Kepala Akibat Perubahan Hormon - Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa Anda coba untuk menghilangkan sakit .... read more
Penyebab Timbulnya Sakit Kepala Setelah Liburan
14-May-2019

Penyebab Timbulnya Sakit Kepala Setelah Liburan

Penyebab Timbulnya Sakit Kepala Setelah Liburan - Apakah Anda mengalaminya juga setelah kembali dari liburan? Kira-kira, apa saja ya yang .... read more