Di tengah cuaca yang panas, tentu nikmat sekali jika Anda menyegarkan diri dengan minum minuman dingin. Namun apa yang terjadi jika saat Anda menenggak minuman dingin dan yang terasa justru sakit kepala? Pasti sangat menyebalkan. Ternyata ada penjelasan mengenai sakit kepala yang acap kali terjadi setelah minum minuman dingin.

Rangsangan Ekstrim Minuman Dingin

Sakit kepala karema minuman dingin sering pula disebut dengan istilah brain freeze atau ice cream headache. Brain freeze terjadi ketika sesuatu yang sangat dingin menyentuh langit-langit mulut. Biasanya terjadi ketika cuaca sangat panas lalu seseorang mengonsumsi sesuatu yang dingin terlalu cepat sehingga terjadi penyempitan cepat pembuluh darah di langit-langit mulut. Perubahan cepat di dekat saraf sensitif di langit-langit membuat sensasi membekukan otak. Kedekatan saraf yang sangat sensitif dan perubahan rangsangan ekstrim inilah yang menyebabkan saraf bereaksi.

Dilansir daru Medical News Today, sebuah peneleitian oleh Dr. Jorge Serrador, seorang cardiovascular electronics researcher menjelaskan bahwa, sampai sekarang, para ilmuwan belum dapat sepenuhnya memahami apa yang menyebabkan otak membeku. Penelitian Dr. Serrador melibatka 13 sukarelawan dewasa yang sehat dan meminta mereka untuk menyeruput air es dingin melalui sedotan, sehingga cairan itu akan mencapai langit-langit bagian atas sambil memantau aliran darah di otak. Kemudian ditemukan bahwa sensasi brain freeze tampaknya disebabkan oleh peningkatan drastis dan tiba-tiba aliran darah melalui arteri serebral anterior otak. Segera setelah arteri menyempit, sensasi nyeri yang membekukan otak hilang. Para ilmuwan mampu memicu penyempitan arteri kembali dengan memberi air hangat kepada para relawan untuk minum.

Bisa Memicu Migrain

Meski bukan hal yang serius brain freeze dapat menimbulkan ketidaknyamanan oleh karena itu Anda bisa mengatasinya dengan beberapa cara, misalnya dengan minum air hangat dan menutup area hidung dan mulut dengn tangan sambil bernapas. Cara ini akan membuat langit-langit mulut lebih cepat hangat.

Namun, jika Anda termasuk orang yang sering mengalami migrain maka Anda cenderung lebih mudah pula mengalami brain freeze setelah makan dan minum dingin dibandingkan mereka yang tidak pernah mengalami migrain. Serrador dan tim percaya bahwa perubahan lokal dalam aliran darah otak dapat menyebabkan jenis sakit kepala lainnya. Jika brain freeze yang Anda alami tak kunjung hilang dan justru memicu timbulnya migrain, coba konsumsi bodrex Migra. Mengandung paracetamol dan propifenazon yang mampu mengatasi sakit kepala sebelah dengan cepat.

ARTIKELTERKAIT

Ini yang Perlu Anda Siapkan Agar Bebas Pusing Sakit Kepala di Tahun Baru
27-December-2019

Ini yang Perlu Anda Siapkan Agar Bebas Pusing Sakit Kepala di Tahun Baru

Ahlinya Sakit Kepala! Kuncinya, pilih jenis bodrex yang sesuai dengan tipe sakit kepala Anda agar dapat diobati secara efektif. Mari .... read more
4 Ciri Batuk Anda Perlu Diperiksakan ke Dokter
27-December-2019

4 Ciri Batuk Anda Perlu Diperiksakan ke Dokter

saluran pernapasan bagian atas. Namun jika Anda mengalami 5 ciri batuk berikut ini, maka mungkin sudah saatnya batuk tersebut diperiksakan .... read more
5 Aroma ini Dapat Membantu Menghilangkan Sakit Kepala
20-December-2019

5 Aroma ini Dapat Membantu Menghilangkan Sakit Kepala

Dilansir dari Medical News Today sejumlah penelitian menunjukkan beberapa jenis essential oil mungkin memang memiliki manfaat untuk sakit kepala. Apa .... read more