Olahraga adalah salah satu syarat untuk hidup lebih sehat. Namun apa jadinya kalau setelah olahraga, Anda justru sering merasa sakit kepala? Jangan langsung menyerah dan berhenti berolahraga. Pada dasarnya, setiap orang memiliki kondisi tubuh yang berbeda-beda, apalagi jika Anda tergolong orang yang jarang berolahraga. Bisa saja penyebab sakit kepala yang muncul setelah berolahraga, diakibat karena hal-hal di bawah ini.

  • Perubahan aliran darah ke otak. Olah raga melebarkan pembuluh darah sehingga menciptakan tekanan yang cukup untuk menyebabkan sakit kepala pada beberapa individu.
  • Ketidakseimbangan elektrolit. Hal ini mudah terjadi ketika berlari lama atau dalam cuaca panas. Anda bisa minum cairan yang mengandung elektrolit  atau suplemen elektrolit sebelum, selama, atau setelah lari dapat meringankan sakit kepala ini. Apalagi jika Anda berlari lebih dari satu jam, berkeringat berat, dan cuaca panas.
  • Gula darah rendah. Cobalah mengonsumsi makanan satu sampai dua jam sebelum berlari untuk membantu. Makanan ini harus mengandung campuran karbohidrat, protein, dan lemak. Misalnya, cobalah setengah roti tawar dengan selai kacang dan segelas infused water. Setelah berlari, Anda bisa ‘mengisi bahan bakar’ tubuh Anda kembali. Jika belum lapar, minum protein shake atau susu cokelat rendah lemak bisa jadi alternatif.
  • Dehidrasi juga bisa menjadi penyebab sakit kepala juga. Meskipun Anda merasa cukup terhidrasi, pastikan Anda mengonsumsi cukup cairan, buah, dan sayuran setiap hari.
  • Ketegangan otot. Cara berlari yang salah bisa jadi pemicunya. Coba evaluasi cara berlari Anda dengan pengawasan dokter atau terapis. Jangan lupa lakukan latihan peregangan dan penguatan tertentu untuk meningkatkan kemampuan lari, kekuatan, dan fleksibilitas otot-otot postural tertentu — seperti leher, bahu, dan punggung atas. Cara ini dapat membantu meredakan ketegangan di bawah leher Anda yang dapat memicu sakit kepala berdenyut.
  • Sinar matahari juga bisa memicu sakit kepala. Jika Anda berolahraga di luar ruangan, coba kenakan kacamata hitam dan lihat apakah itu membantu. Topi atau visor dengan pinggiran lebar juga dapat membantu mengurangi silau.

Cegah sakit kepala yang muncul setelah berolahraga dengan memperhatikan 5 aspek di atas. Jika sakit kepala tak juga hilang, redakan dengan minum bodrex yang mampu mengatasi sakit kepala, sakit gigi, dan demam. Kandungan paracetamol-nya berfungsi sebagai analgesik yang mampu meredakan rasa sakit kepala. Minum bodrex, bikin olahraga bebas sakit kepala!

ARTIKELTERKAIT

PENTING, Simak Tips Jaga Daya Tahan Tubuh Dari Virus di Musim yang Tidak Menentu
26-March-2020

PENTING, Simak Tips Jaga Daya Tahan Tubuh Dari Virus di Musim yang Tidak Menentu

Dalam beberapa kasus positif COVID-19, sebagian besar penderitanya mengalami gejala batuk, flu, sakit tenggorokan, merasa sangat kelelahan, hingga kesulitan untuk .... read more
Waspada Terhadap Flu dan Batuk Saat Perubahan Cuaca, Intip Cara Mudahnya Berikut Ini
25-February-2020

Waspada Terhadap Flu dan Batuk Saat Perubahan Cuaca, Intip Cara Mudahnya Berikut Ini

Kondisi cuaca yang tidak menentu seringkali menjadi faktor utama mengapa seseorang bisa dengan mudahnya terserang penyakit seperti flu dan batuk, .... read more
Tips Meredakan Flu dan Batuk Tanpa Ngantuk Saat Berkendara
18-February-2020

Tips Meredakan Flu dan Batuk Tanpa Ngantuk Saat Berkendara

beberapa keluhan yang kerap muncul seperti tenggorokan gatal dan kering, hidung tersumbat, sakit kepala, dan juga batuk yang tak berkesudahan .... read more