Pada musim-musim tertentu, terutama pada musim peralihan banyak orang yang terserang penyakit flu. Penyakit yang satu ini, mudah dan tidak butuh waktu lama untuk menyebar. Menurut National Institutes of Health, virus RNA yang menybabkan influenza menyebar melalui tetesan air liur dari batuk dan bersin orang yang sedang sakit. Virus tersebut menyebar melalui udara atau menempel pada benda-benda yang disentuh oleh tangan penderita yang terkontaminasi.

Mencegah lebih baik daripada mengobati, mendeteksi gejala awal flu tidak hanya membantu mencegah penyebaran virus, tetapi juga dapat mengobati penyakit sebelum semakin memburuk. Karenanya kenali tahapan dan gejala flu yang perlu Anda ketahui dari tahapan ringan hingga memburuk.

Tahap Awal (Penularan)

Gejala awal terjadi pada masa satu hingga dua hari pertama. Diawali masuknya virus RNA yang mulai memasuki tubuh dengan cara terhirup melalui saluran pernapasan. Virus menyebar lewat udara akibat percikan batuk atau bersin orang yang menderita flu. Sejak saat masuk virus akan bergabung dengan sel tubuh dan bereplikasi (dalam kata lain sel virus mulai berkembang) maka penularan mulai terjadi. Anda tidak akan langsung merasakan gejala sakit, pada tahap awal ini virus akan menyebar dan mulai menyerang sistem kekebalan tubuh Anda.

Tahap Timbulnya Gejala

Selanjutnya— pada hari ke-3 hingga seminggu, sel imun tubuh mulai melemah dan menurun akibat serangan virus influenza. Tubuh akan mulai gampang kelelahan, terasa pegal dan linu di persendian. Ini pertanda sel imun tubuh sedang memerangi virus yang masuk. Gejala pusing dan batuk (belum atau tidak berdahak), tubuh terasa lemas, juga bisa muncul. Pada tahap ini Anda disarankan untuk cukup beristirahat dan meminum vitamin, jika imun Anda berhasil melawan virus penyebab flu tersebut, maka sakit tidak akan berlanjut parah dan berakhir pada tahap gejala flu saja.

Tahap Infeksi Virus

Apabila sistem imun tidak mampu bertahan, maka inflamasi dan peradangan pun mulai terjadi. Pada tahap ini Anda akan mulai merasakan demam, sakit tenggorokan (akibat peradangan), batuk berdahak, meriang, bersin-bersin, hidung tersumbat (gangguan pernapasan), hingga pegal-pegal pada sekujur tubuh.

Kebanyakan orang bisa bertahan dan sembuh dari penyakit flu tanpa perawatan khusus dalam seminggu, meskipun pada beberapa orang gejalanya bisa bertahan lebih lama dan tidak menutup kemungkinan malah menjadi lebih parah. Jika Anda merasakan gejala-gejala tertentu saat flu, lebih baik sediakan bodrex Flu dan Batuk PE yang efektif meredakan gejala flu seperti demam, hidung tersumbat dan sakit kepala yang disertai batuk. Terdapat dua varian bodrex Flu dan Batuk PE untuk Anda; batuk berdahak dan batuk tidak berdahak. Karena beda flu dan batuknya, beda juga cara mengobatinya.

ARTIKELTERKAIT

Hindari Sakit Kepala Belakang dgn 4 Tips Olahraga Ini
18-July-2019

Hindari Sakit Kepala Belakang dgn 4 Tips Olahraga Ini

Hindari Sakit Kepala Belakang dgn 4 Tips Olahraga Ini - Lakukan gerakan yang tepat untuk mengatasi dua masalah tersebut dengan .... read more
5 Hal yang Bisa Memperburuk Sakit Kepala Belakang
24-July-2019

5 Hal yang Bisa Memperburuk Sakit Kepala Belakang

Sebelum Anda melakukan langkah-langkah yang salah yang mengakibatkan sakit kepala mencengkeram tak tertahankan, ada baiknya untuk menghindari 5 hal berikut .... read more
Posisi Tidur yang Tepat untuk Penderita Sakit Kepala Belakang
12-July-2019

Posisi Tidur yang Tepat untuk Penderita Sakit Kepala Belakang

Sama seperti leher dan punggung,bahu juga bisa memberi dampak langsung terhadap munculnya sakit kepala bagian belakang. Oleh karena itu, cobalah .... read more