Makanan Ini Bantu Redakan Gejala Flu dan Batuk

Makanan Ini Bantu Redakan Gejala Flu dan Batuk

Ketika flu, batuk atau pilek menyerang, umumnya kita menghindari makan es krim dan gorengan agar gejalanya tidak menjadi-jadi. Lalu makanan seperti apa yang sebaiknya dikonsumsi? Berikut beberapa hidangan yang dapat Anda konsumsi untuk membantu meredakan flu dan batuk yang Anda alami.

Sup ayam pedas
Beberapa studi membuktikan sup ayam hangat yang mengandung bermacam sayuran bisa mengurangi inflamasi dan meredakan gejala infeksi saluran pernapasan atas, hidung tersumbat, batuk, dan sakit tenggorokan. Lebih baik lagi jika sup ayam dimasak menjadi pedas, karena rasa pedas dari zat capsaicin akan berperan sebagai ekspektoran alias pengurang dahak. Sup yang pedas juga direkomendasi oleh Bill Gottlieb, penulis buku Alternative Cures.

Ubi panggang
Kandungan Vitamin A pada ubi dapat meningkatkan kekebalan tubuh, menjaga membran mukus tetap sehat, dan membantu saat sel darah putih kita melawan virus. Untuk menambah rasa dan nutrisi, tambahkan minyak zaitun murni dan sedikit garam.

Lemon
Untuk meredakan batuk dan rasa gatal di tenggorokan, coba hisap ¼ potong lemon segar yang ditaburkan lada hitam dan garam. Kalau tidak punya lada hitam, pakai lada putih juga boleh kok! Kandungan Vitamin C yang tinggi pada lemon juga baik untuk meningkatkan imunitasmu.

Teh Jahe
Teh hangat yang dicampur madu, lemon, dan jahe bisa jadi teman dikala sakit flu. Kandungan jahe dapat membantu melawan infeksi pada saluran pernapasan atas, meredakan hidung tersumbat, dan membantu merelaksasi otot. Campuran lemon dan madu dapat juga bersifat sebagai antibiotik. 
Jangan lupa, untuk membantu tubuh segera pulih pastikan juga Anda memiliki istirahat yang cukup. 

Foto: Shutterstock