Tips Mengatasi Batuk Tidak Berdahak

Tips Mengatasi Batuk Tidak Berdahak

Flu seringkali muncul diikuti dengan batuk. Lebih menyebalkan lagi, saat flu Anda mulai mereda, batuk yang Anda alami belum juga hilang dan relatif lebih lama sembuh. Secara umum, batuk terbagi menjadi dua jenis, batuk tidak berdahak (kering) dan batuk berdahak. Jika Batuk Berdahak terasa menyesakan karena adanya lendir dalam saluran pernapasan Anda, tidak demikian halnya dengan batuk kering. Namun, meski tidak memiliki lendir, batuk kering bisa membuat penderitanya merasa lebih terganggu.

Penderita batuk kering biasanya akan mengalami beberapa gejala. Misalnya terasa seperti ada benjolan di bagian tenggorokan atau sensasi menggelitik yang parah di tenggorokan dan tidak kunjung hilang. Batuk kering yang menyertai Flu akan semakin lama sembuh jika penderitanya memiliki penyakit sinusitis, asma, atau sering terpapar asap rorkok. Agar tidak menjadi-jadi, lakukan hal-hal di bawah ini untuk mempercepat proses penyembuhan.

Minum hangat
Saat batuk, hindari minuman dingin. Lebih baik minum air hangat untuk menenangkan batuk Anda. Minuman dingin hanya akan membuat radang tenggorokan Anda semakin parah.

Menghangatkan tubuh
Hangatkan tubuh Anda dengan balsam yang dioleskan pada bagian dada dan punggung Anda. Rasa hangat akan membuat Anda lebih nyaman. Jika tidak menyukai bau balsam yang menyengat, Anda bisa menggantinya dengan menempelkan bantal listrik pada bagian dada dan punggung.

Atur posisi tidur
Sebelum tidur atau berbaring, atur posisi bantal sedikit lebih tinggi dari biasanya. Hal ini bisa membantu Anda bernapas lebih mudah dan mengurangi frekuensi batuk.

Hindari debu dan polusi
Meskipun batuk yang Anda derita muncul berbarengan dengan flu, tetapi paparan debu dan polusi udara seperti asap kendaraan atau rokok bisa memicu batuk menjadi lebih parah. Jadi gunakan masker sebelum menuju tempat yang berdebu dan banyak polusi.

Berkumur
Kondisi mulut yang sehat dan bersih akan membuat batuk Anda lebih cepat sembuh. Pasalnya, mulut yang kotor akan dipenuhi kuman dan bakteri. Hal tersebut akan memperburuk kondisi tenggorokan Anda. Sebaiknya, berkumurlah dengan moutwash yang mampu mengurangi kuman dalam mulut.

Minum obat pereda batuk
Meskipun sudah melakukan langkah-langkah untuk meredakan batuk, Anda tetap perlu minum obat untuk menyembuhkan batuk dengan lebih maksimal. Pilihlah obat batuk yang sesuai dengan keluhan dan jangan lupa konsultasikan pada ahlinya terlebih dahulu, ya.