Sering Sakit Kepala Saat Bangun Tidur, Apa yang Salah?

Sering Sakit Kepala Saat Bangun Tidur, Apa yang Salah?

Bangun di pagi hari setelah beristirahat semalaman, semestinya membuat tubuh menjadi lebih segar. Namun ternyata, tidak semua orang merasa energinya terisi kembali setelah bangun tidur. Sebagian justru mengalami sebaliknya, bahkan hingga merasakan sakit kepala. Hal ini tidak bisa dibiarkan, sebab kesegaran tubuh ketika bangun di pagi hari dapat menentukan bagaimana hari Anda berjalan seharian. Sebenarnya, apa saja hal yang bisa menyebabkan sakit kepala saat bangun tidur? Simak penjelasan berikut.

Tidur dengan Rambut Basah

Tidur malam dengan rambut basah bisa menyebabkan sakit kepala saat bangun tidur. Tingkat kelembapan pada rambut bisa membuat perubahan suhu mendadak pada tubuh. Ini mempengaruhi sirkulasi darah di area kepala sehingga membuat kepala jadi pusing ataupun sakit. Bahkan tidur dengan rambut basah bisa menyebabkan Anda kedinginan, pusing, dan pilek di pagi harinya.

Tidur tanpa mengubah posisi

Meski dalam kondisi tidur (tidak sadar), namun secara otomatis biasanya kita akan mengubah posisi tidur setiap beberapa waktu. Namun ada kalanya dalam kondisi tubuh yang sangat lelah, terkadang kita tertidur dalam posisi yang sama untuk waktu yang lama. Akibatnya, salah satu sisi tubuh terasa pegal, sakit, bahkan kram. Ketika Anda bangun, tubuh sama sekali tidak merasa segar, justru mungkin sakit kepala yang dirasakan.

Kurang tidur

Mungkin Anda pernah mengalami tidur malam terlalu larut dari waktu yang seharusnya, padahal keeesokan harinya Anda harus beraktivitas sejak pagi hari. Mungkin juga Anda merasa sudah cukup tidur, tetapi kualitas tidur Anda ternyata buruk akibat stres dan mimpi buruk. Kondisi-kondisi tersebutlah yang pada akhirnya menyebabkan Anda kurang tidur dan terbangun di pagi hari dalam keadaan sakit kepala.

Dehidrasi

Kekurangan cairan dapat membuat tubuh lemas karena hantaran oksigen ke kepala dan sebaliknya menjadi terhambat. Tubuh juga kehilangan banyak cairan selama waktu tidur malam hari. Jadi pastikan Anda terhidrasi dengan cukup minum waktu sebelum dan sesudah bangun tidur. Jika perlu, siapkan segelas air putih di samping tempat tidur Anda untuk diminum saat terbangun di malam hari.

Terbangun mendadak

Terbangun dari tidur secara tiba-tiba, entah itu karena mendengar suara yang kencang  atau dibangunkan, apalagi sampai berubah posisi terlalu cepat—dari berbaring menjadi duduk atau berdiri—dapat menyebabkan tubuh Anda kaget dan akhirnya sakit kepala.