Penyebab Sering Sakit Kepala di Malam Hari dan Cara Mengatasinya

Penyebab Sering Sakit Kepala di Malam Hari dan Cara Mengatasinya

Apakah Anda pernah mengalami sakit kepala yang muncul pada waktu-waktu tertentu? Misalnya saja sakit kepala yang lebih sering terjadi di malam hari. Pasti terganggu sekali ya, malam hari yang merupakan waktu dimana Anda seharusnya dapat beristirahat, tetapi malah harus mengalami sakit kepala. Sebenarnya, apa penyebab sakit kepala yang terjadi pada malam hari?

Akumulasi akitivitas seharian

Coba ingat dan perhatikan lagi aktivitas Anda seharian. Bisa jadi penyebab sakit kepala Anda timbul di malam hari adalah akibat kegiatan yang Anda lakukan seharian. Misalnya saja ketika beraktivitas Anda terlalu kelelahan, terlalu lama berada di depan layar komputer, melewatkan jam makan, dan lain sebagainya. Hal-hal yang terasa lazim terkadang tanpa disadari justru menjadi pemicu sakit kepala timbul menjelang atau saat waktu tidur.

Sleep apnea

Coba tanyakan pada pasangan Anda, apakah ketika tidur di malam hari Anda mendengkur kencang dan ada jeda ketika bernapas? Jika iya, ada kemungkinan Anda mengalami gangguan tidur sleep apnea. Untuk memastikannya, Anda memang perlu berkonsultasi kepada ahlinya. Akan tetapi jika memang Anda menderita gangguan tidur ini, maka tak heran jika akhirnya Anda mengalami sakit kepala. Sebab, penderita sleep apnea napasnya terhenti setiap beberapa saat, sehingga mengakibatkan turunnya kadar oksigen dalam tubuh dan secara tak langsung menyebabkan sakit kepala.

Sinusitis

Gangguan penapasan seperti sinusitis ataupun rhinitis cukup sering dialami orang. Biasanya, situasi tertentu seperti udara dingin dapat memicu dan memperparah gejala penyakit ini. Malam hari, biasanya udara lebih dingin sehingga berbagai penyakit dan alergi semacam ini sangat mudah timbul. Secara tak langsung, alasan ini juga bisa jadi penyebab sakit kepala Anda di malam hari.

Selain mengetahui penyebabnya, Anda juga perlu mengetahui cara mengatasi sakit kepala di malam hari. Beberapa cara yang bisa Anda coba adalah sebagai berikut.

Beristirahat cukup dan mengatur waktu tidur yang teratur selama 7-8 jam setiap malam

  1. Batasi aktivitas fisik yang berat, jangan sampai Anda kelelahan
  2. Makan secara teratur, melewatkan waktu makan dapat memicu sakit kepala
  3. Hidrasi tubuh dengan cukup minum air putih
  4. Hindari mengonsumsi kafein, alkohol dan rokok
  5. Hindari paparan panas yang berlebihan, misalnya paparan sinar matahari yang terik atau berada dalam ruangan yang terlalu pengap dalam waktu panjang.
  6. Lakukan relaksasi seperti melakukan pijatan atau mandi air hangat
  7. Kelola stres dengan baik

Selamat mencoba dan dapatkan waktu istirahat yang lebih berkualitas.