Sakit Di Bagian Leher? Bisa Jadi Sakit Kepala Mencengkeram!

Sakit Di Bagian Leher? Bisa Jadi Sakit Kepala Mencengkeram!

Salah satu penyebab sakit kepala mencengkeram yang sangat umum bersumber pada bagian leher yang diakibatkan ketegangan otot. Pernahkah Anda mengalami gejalanya?

Apa yang menyebabkan sakit kepala mencengkeram?

Pada dasar tengkorak terdapat sekelompok otot yang disebut otot suboksipital. Kelompok otot tersebut dapat menyebabkan sakit kepala bagi banyak orang. Keempat pasang otot ini bertanggung jawab atas gerakan halus antara tengkorak dan vertebra pertama dan kedua di leher. Ketegangan dan nyeri otot-otot suboksipital dapat dipicu oleh hal-hal berikut ini:

  • Ketegangan mata
  • Menggunakan kacamata baru
  • Postur tubuh yang buruk
  • Menggertakkan gigi
  • Cedera

Nyeri dari otot suboksipital biasanya terasa seperti ada tali yang melilit kepala. Juga, ketegangan pada otot-otot ini dapat menyebabkan tekanan saraf di kepala dan sekitar leher. Ini bisa memicu rasa sakit yang menyelimuti leher, kepala belakang dan bahkan bisa menjalar hingga ke  atas mata.

Beberapa tips yang dapat Anda coba untuk membantu Anda mengelola penyebab sakit kepala mencengkeram Anda:

  • Lakukan pemeriksaan mata.

Jika Anda berusaha membaca, atau terus memiringkan kepala untuk melihat meski sudah menggunakan kacamata, ada kemungkinan penglihatan Anda terganggu dan harus mengganti kacamata yang lebih sesuai.

  • Atur ulang meja kerja Anda.

Cukup dengan mengangkat monitor komputer Anda dapat membantu mengurangi kemiringan kepala berulang yang dapat membuat otot oksipital tegang.

  • Hindari membungkuk dan latihlah postur yang baik.

Pertimbangkan untuk mencoba yoga, Pilates, atau Tai Chi. Semua kegiatan ini adalah bentuk latihan yang bagus untuk membantu memperbaiki postur. Dapatkan pijatan 30 menit yang berkonsentrasi pada leher dan punggung bagian atas. Ini dapat membantu mengendurkan otot dan meredakan sakit kepala.

  • Pijat DIY.

Masukkan dua bola tenis ke dalam kaus kaki dan ikat dengan erat. Berbaring telentang di lantai. Tempatkan bola tenis di bawah dasar tengkorak Anda dan biarkan kepala Anda menekannya. Goyangkan kepala Anda dengan lembut ke depan dan ke belakang dan sisi ke sisi selama beberapa menit. Pijatan DIY ini bisa cukup membantu.

Bila sakit kepala mencengkeram tak kunjung hilang, segera konsumsi obat Pereda sakit kepala ya! Konsultasikan ke dokter apabila hal gejala ini sering berulang.

bodrex ekstra ahli sakit kepala mencengkram