Makanan Asin Ternyata Sebabkan Sakit Kepala

Makanan Asin Ternyata Sebabkan Sakit Kepala

Banyak orang yang menyukai makanan bercita rasa asin atau gurih. Makanan dengan rasa asin dan gurih yang pas memang bisa meningkatkan selera makan. Namun tahukah Anda diet tinggi garam ternyata menyebabkan risiko sakit kepala meningkat? Penelitian baru dari Johns Hopkins University menemukan bahwa orang-orang yang mengonsumsi makanan khas Amerika dengan kandungan 1.500mg sodium  per hari memiliki kemungkinan sakit kepala 25% lebih kecil dibandingkan mereka yang mengonsumsi 3.500mg sodium per hari.

Dalam sebuah studi yang ditulis oleh Lawrence Appel, M.D., M.P.H. menyebutkan apabila Anda terlalu banyak mengonsumsi sodium, volume darah Anda cenderung meningkat. Akibatnya darah Anda memenuhi ruang di pembuluh darah Anda. Ruang dalam pembuluh darah Anda harus diperluas untuk menampung volume darah ekstra. Ekspansi dan kontraksi dari pembuluh darah inilah yang dapat memicu sakit kepala. Hal tersebut juga menjelaskan menjelaskan mengapa diet yang mengandung garam dapat berkontribusi terhadap tekanan darah tinggi dan kerusakan pembuluh darah.

Meskipun demikian, saat tekanan darah Anda tetap normal sekalipun, kandungan natrium dalam garam tetap dapat mempengaruhi risiko sakit kepala. Jadi idealnya, Anda harus mengurangi dan membatasi konsumsi garam harian Anda. Caranya bisa dimulai dengan mengurangi konsumsi fast food, makanan kalengan, dan juga daging olahan. Setelah itu rasakan sendiri seberapa banyak sakit kepala Anda berkurang setiap harinya.