Jangan Gentar Lakukan Vaksin, Ini Cara mengatasi KIPI!

Jangan Gentar Lakukan Vaksin, Ini Cara mengatasi KIPI!

Kejadian ikutan pasca imunisasi (KIPI) atau lebih familiar dengan istilah ‘efek samping’ seringkali menjadi alasan bagi banyak orang khawatir  untuk melakukan vaksinasi. Memang sebagian orang dapat mengalami efek samping tertentu setelah mendapatkan vaksin, misalnya sakit kepala, nyeri, tubuh lemas, demam, dan sejenisnya. Sebenarnya, reaksi tersebut mirip dengan respon tubuh ketika mendapatkan vaksin jenis lainnya.

Melakukan vaksinasi adalah salah satu cara untuk membentuk herd immunity (kekebalan kelompok) sekaligus dapat meminimalisir gejala penyakit yang muncul apabila Anda terpapar virus penyakit.Oleh sebab itu jangan ragu untuk melakukan vaksin demi kebaikan bersama.

Bagaimanapun manfaat yang diperoleh dari vaksinasi jauh lebih besar daripada KIPI yang belum tentu terjadi. Namun, apabila Anda masih ragu, simak cara mengatasi KIPI berikut ini!

Jika nyeri, bengkak, dan kemerahan di lokasi suntikan

Gejala ini cukup umum dialami oleh orang yang baru menjalani vaksinasi. Mungkin Anda akan merasa tidak nyaman pada lokasi suntikan, namun sebenarnya tidak apa-apa. Rasa nyeri, bengkak, dan kemerahan biasanya akan hilang dalam waktu 1-2 hari. untuk mengurangi rasa tidak nyaman tersebut, anda bisa mengompresnya dengan air hangat di sekitar lokasi suntikan. Mandi air hangat juga dapat membantu tubuh menjadi lebih rileks.

Baca Juga: Cara Seru Mencegah Penularan Covid-19 dan Mengurangi Rasa Panik saat Pandemi

Jika demam dan sakit kepala

Efek samping lain yang cukup mengganggu adalah demam dan sakit kepala. Namun Anda harus tetap tenang, karena ini adalah reaksi wajar dari tubuh pasca vaksinasi—meskipun tidak dialami oleh semua orang. Selain beristirahat, anda bisa meredakan gejala demam dan sakit kepala dengan minum obat yang mengandung paracetamol  untuk meredakan demam dan nyeri pasca vaksin.

Nah, itulah cara mengatasi KIPI. Ayo kita vaksin, jangan ragu lagi ya! Pastikan tubuh Anda dalam kondisi sehat ketika akan melakukan vaksinasi dan jangan lupa jelaskan riwayat kesehatan Anda secara terperinci pada petugas sebelum divaksin. Yuk laksanakan vaksinasi untuk melindungi diri kita dan orang-orang sekitar dari virus penyakit yang berbahaya.

Baca Juga: Jalani New Normal Tanpa Panik, Ini Pereda Sakit Kepala dan Demam Tinggi yang Cocok untuk Anda

Jangan Gentar Lakukan Vaksin, Ini Cara mengatasi KIPI!