Cara Menghilangkan Sakit kepala mencengkram Akibat Ketegangan Otot

Cara Menghilangkan Sakit kepala mencengkram Akibat Ketegangan Otot

Sakit kepala akibat ketegangan otot tidak bisa disepelekan, bahkan harus diatasi hingga tuntas. Caranya? Tentu saja dengan menemukan penyebab ketegangan otot Anda. Apakah karena gerak tubuh yang terlalu berat dan ekstrem, atau justru sebaliknya, kurang bergerak dan terlalu lama diam di satu posisi saja. Apapun penyebabnya, ketika sakit kepala mencengkeram timbul, Anda harus tahu bagaimana cara mengatasinya dengan cepat. Dilansir dari health.harvard.edu, ketiga cara berikut ini mungkin bisa Anda terapkan.

Terapi relaksasi secarai fisik dan psikologis dapat membantu mencegah sakit kepala karena tegang, asalkan Anda konsisten menerapkannya. Misalnya dengan menempelkan bantalan pemanas ke leher dan bahu untuk mengendurkan otot. Melatih otot-otot yang tegang juga bisa membantu, caranya dengan melakukan peregangan (stretching) secara teratur setiap hari. Pijatan dan gerakan yang berfokus pada bagian-bagian otot yang tegang dapat mengurangi ketegangan dan sakit kepala mencengkeram secara berangsur-angsur.

Pernah mencoba terapi listrik ataupun akupuntur? Atau mungkin Anda justru pernah mencobanya? Ternyata bentuk-bentuk terapi tersebut memang berkhasiat untuk meredakan ketegangan otot. Terapi listrik dilakukan dengan cara mengalirkan energi listrik dalam ‘dosis’ yang tepat menggunakan alat khusus untuk memperlancar peredaran darah. Sedangkan terapi akupuntur dilakukan dengan cara menusuk tititk-titik tertentu pada tubuh untuk memperlancar aliran darah. Meskipun metode yang digunakan berbeda, namun keduanya memiliki tujuan yang sama, yaitu melancarkan aliran darah. Sebab aliran darah yang tersumbat dapat menyebabkan ketegangan otot dan pada akhirnya mengakibatkan sakit kepala mencengkeram. Meskipun demikian, kedua terapi ini tidak bisa dilakukan sendiri melainkan membutuhkan bantuan terapis ahli ataupun dokter.

Pendekatan medis. Beberapa orang dengan sakit kepala tegang memiliki area yang sangat sensitif, yang dikenal sebagai titik pemicu, di belakang leher atau di bahu. Jika merelaksasi titik-titik pemicu tersebut sudah dilakukan, namun hasilnya belum terasa secara signifikan, Anda perlu membantunya dengan mengonsumsi obat khusus sakit kepala mencengkeram. bodrex Extra adalah obat yang  mampu mengatasi sakit kepala mencengkerm dan tegang kaku di kepalabelakang. Tablet bodrex Extra terdiri dari paracetamol dan ibuprofen yang dapat mengatasi sakit kepala mencengkram dan tegang kaku di kepala belakang hingga tuntas.