Benarkah Sakit Kepala Belakang, Leher, dan Pundak adalah Akibat Gaya Hidup Tak Sehat

Benarkah Sakit Kepala Belakang, Leher, dan Pundak adalah Akibat Gaya Hidup Tak Sehat

Sakit kepala khususnya yang terasa mencengkram di bagian belakang kepala dan leher sering disebut timbul karena gaya hidup tak sehat, misalnya akibat makan makanan tidak sehat. Benarkah ini? Apakah sakit kepala yang Anda alami memang terkait dengan pola makan tak sehat?

Sakit kepala ternyata tidak dapat serta merta dikaitkan dengan kebiasaan makan makanan berkolesterol. Untuk menentukan tinggi tidaknya kolesterol Anda, perlu dilakukan pemeriksaan kolesterol di labolatorium. Namun memang, makan makanan tidak sehat bisa memicu sakit kepala Anda. Misalnya jika Anda sering mengonsumsi makanan yang mengandung penyedap atau MSG dalam jumlah banyak.

Sakit kepala tipe tegang atau mencengkram yang kerap terasa di bagian belakang kepala, dapat disebabkan oleh kurang tidur, stres, aktivitas fisik berlebihan, gangguan mata, dan masih banyak lagi. Makan makanan tak sehat termasuk juga di dalamnya meskipun dampaknya tidak langsung terasa.

Untuk mengatasi sakit kepala mencengkram, mungkin Anda bisa mengubah gaya hidup Anda menjadi lebih sehat. Seperti beristirahat dengan cukup, mengonsumsi air putihajin berolahraga, dan berpikiran positif. Ubah juga kebiasaan buruk Anda seperti terlalu lama menatap layar komputer ataupun merokok. Mengganti menu makanan Anda menjadi lebih sehat dan bergizi juga patut di coba. Perbanyaklah mengonsumsi buah dan sayuran. Selain menunya, perhatikan juga jam makan Anda. Apakah sudah cukup teratur, atau justru Anda sering melewatkannya.Sebab melewatkan jam makan juga bisa memicu sakit kepala.

Untuk mengatasi sakit kepala mencengkram yang datang tiba-tiba, segera minum obat yang mengandung paracetamol dan ibuprofen yang bekerja efektif menghilangkan sakit kepala mencengkram akibat ketegangan di bagian belakang kepala.