Sering Merasa Sakit Kepala & Tegang pada Tengkuk? Hindari 5 Hal ini!

Sering Merasa Sakit Kepala & Tegang pada Tengkuk? Hindari 5 Hal ini!

Sehari-hari, Anda mungkin pernah atau bahkan sering merasakan sakit kepala kepala di bagian tengkuk, tanpa mengetahui penyebabnya. Meskipun begitu, bagian belakang kepala Anda dilanda rasa mencengkram yang menyebabkan rasa tidak nyaman. Ternyata, hal ini bisa saja dipicu oleh kebiasaan sehari-hari Anda yang tidak disadari. Coba hindari 5 kebiasaan ini untuk mengurangi ketegangan dan sakit kepala di bagian tengkuk.

Hindari aksesori berat

Aksesori seperti kalung yang terlalu besar dan berat bisa menyebabkan sakit kepala. Sebab leher Anda yang digunakan untuk menopang kalung, bisa kelelahan dan akhirnya otot di sekitar tengkuk  

Tas berat

Sama seperti aksesori, tas yang terlalu berat  juga bisa menyebabkan sakit kepala belakang. Hal ini disebabkan oleh otot-otot bahu yang yang tegang. Apalagi jika Anda menggunakan tas ransel atau shoulder bag.

Menatap layar terus menerus

Sering menatap layar komputer, televisi, atau smartphone dalam waktu yang panjang tanpa beristirahat? Hati-hati! Kebiasaan tersebut bisa membuat mata dan otot leher Anda lelah. Akhirnya, sakit kepala mencengkram pun tidak bisa dihindari.

Salah posisi tidur

Salah posisi tidur—misalnya menghadap arah yang sama terus menerus dalam waktu lama dan menggunakan bantal yang kurang nyaman, menyebabkan kualitas tidur menurun dan otot leher Anda sakit. Rasa nyeri inilah yang menyebabkan sakit kepala.

Kurang tidur

Jangan abaikan waktu istirahat Anda, khususnya di malam hari. Kelelahan akibat kurang tidur dapat memicu timbulnya sakit kepala. Usahakan agar selalu cukup tidur atau ‘mengganti’ waktu tidur yang kurang di malam hari dengan ‘power nap’ untuk menjaga kondisi Anda tetap segar.