Pernah memiliki pertanyaan tentang mengapa suara berubah menjadi terdengar parau (bindeng) saat sedang mengalami Flu dan Batuk? Perubahan suara menjadi terdengar sengau, biasanya terjadi pada tahap puncak Flu hingga menjelang akhir. Lalu apa sebenarnya yang menyebabkan perubahan suara tersebut, berikut ini penjelasannya.

Eustachius

Merupakan sebuah istilah dalam dunia medis yang dikenal sebagai saluran yang menghubungkan telinga, hidung dan tenggorokan (THT). Eustachius ini harus menjaga dan mengatur keseimbangan tekanan udara di dalam dan luar telinga.

Saat Flu dan Batuk, terjadi ketidak seimbangan tekanan udara. Sehingga eustachius berkerja untuk dapat menyeimbangkannya. Saat hidung Anda tersumbat, eustachius akan mengalirkan udara yang tersumbat ini ke telinga dan mulut, inilah yang menyebabkan suara Anda berubah.

 

Cara Menanggulanginya

Normalnya jika perubahan suara atau bindeng tersebut diakibatkan oleh Flu dan Batuk, suara akan kembali seperti semula, seiring membaiknya kondisi tubuh. Namun untuk mempercepat penyembuhan Flu dan Batuk (terutama jika batuk berdahak), sebaiknya Anda meminum obat yang dapat meredakan gejala-gejala seperti penurun panas, pelega pernapasan, dan pengencer dahak.

Anda dapat segera minum bodrex Flu & Batuk Berdahak PE, efektif meredakan gejala-gejala yang disebabkan oleh Flu dan Batuk berdahak. Tersedia dalam dua varian kemasan, yaitu; sirup dan kaplet sehingga memudahkan Anda meminumnya dimana saja dan kapan saja. Flu dan Batuk sembuh, suara Anda kembali normal.

ARTIKELTERKAIT

Hindari Sakit Kepala Belakang dgn 4 Tips Olahraga Ini
18-July-2019

Hindari Sakit Kepala Belakang dgn 4 Tips Olahraga Ini

Hindari Sakit Kepala Belakang dgn 4 Tips Olahraga Ini - Lakukan gerakan yang tepat untuk mengatasi dua masalah tersebut dengan .... read more
5 Hal yang Bisa Memperburuk Sakit Kepala Belakang
24-July-2019

5 Hal yang Bisa Memperburuk Sakit Kepala Belakang

Sebelum Anda melakukan langkah-langkah yang salah yang mengakibatkan sakit kepala mencengkeram tak tertahankan, ada baiknya untuk menghindari 5 hal berikut .... read more
Posisi Tidur yang Tepat untuk Penderita Sakit Kepala Belakang
12-July-2019

Posisi Tidur yang Tepat untuk Penderita Sakit Kepala Belakang

Sama seperti leher dan punggung,bahu juga bisa memberi dampak langsung terhadap munculnya sakit kepala bagian belakang. Oleh karena itu, cobalah .... read more