Apa Sih Penyebab Suara Berubah Saat Flu & Batuk

Apa Sih Penyebab Suara Berubah Saat Flu & Batuk

Pernah memiliki pertanyaan tentang mengapa suara berubah menjadi terdengar parau (bindeng) saat sedang mengalami Flu dan Batuk? Perubahan suara menjadi terdengar sengau, biasanya terjadi pada tahap puncak Flu hingga menjelang akhir. Lalu apa sebenarnya yang menyebabkan perubahan suara tersebut, berikut ini penjelasannya.

Eustachius

Merupakan sebuah istilah dalam dunia medis yang dikenal sebagai saluran yang menghubungkan telinga, hidung dan tenggorokan (THT). Eustachius ini harus menjaga dan mengatur keseimbangan tekanan udara di dalam dan luar telinga.

Saat Flu dan Batuk, terjadi ketidak seimbangan tekanan udara. Sehingga eustachius berkerja untuk dapat menyeimbangkannya. Saat hidung Anda tersumbat, eustachius akan mengalirkan udara yang tersumbat ini ke telinga dan mulut, inilah yang menyebabkan suara Anda berubah.

Cara Menanggulanginya

Normalnya jika perubahan suara atau bindeng tersebut diakibatkan oleh Flu dan Batuk, suara akan kembali seperti semula, seiring membaiknya kondisi tubuh. Namun untuk mempercepat penyembuhan Flu dan Batuk (terutama jika batuk berdahak), sebaiknya Anda meminum obat yang dapat meredakan gejala-gejala seperti penurun panas, pelega pernapasan, dan pengencer dahak.