Aksesoris Ini Bisa Jadi Penyebab Sakit Kepala Sebelah

Aksesoris Ini Bisa Jadi Penyebab Sakit Kepala Sebelah

Sakit kepala sebelah memang bisa dialami oleh siapa saja dan disebabkan oleh banyak hal. Selain faktor gaya hidup dan kondisi fisik, ternyata penggunaan aksesoris yang menempel di kepala dan pundak juga bisa memicu keluhannya, lho. Kira-kira apa saja, ya?

Sakit kepala karena helm yang terlalu kencang

Rasa nyeri atau sakit di salah satu sisi kepala merupakan respon tubuh yang normal terjadi akibat beberapa kondisi, salah satunya adalah kelelahan otot. Dalam hal ini karena penggunaan helm yang terlalu kencang dalam untuk waktu yang cukup lama. Kondisi yang satu ini membuat otot leher harus menanggung beban yang lebih berat, sehingga menimbulkan rasa tidak nyaman pada leher dan kepala hingga berujung sakit kepala sebelah bahkan di seluruh bagian.

Namun jangan khawatir, Anda bisa mengatasinya dengan melakukan beberapa hal berikut ini:

  • Mengganti helm dengan ukuran yang tidak terlalu kencang maupun terlalu longgar
  • Meluangkan waktu untuk melakukan gerakan peregangan leher
  • Memberikan pijatan ringan di daerah yang terasa nyeri, seperti leher, pundak, dan sisi kepala yang terasa sakit

Kacamata yang kekecilan atau tangkai kacamata yang terlalu kencang

Selain penggunaan hel yang terlalu ketat atau kencang, kacamata dengan tangkai yang terlalu sempit dan kencang juga bisa menyebabkan sakit kepala sebelah. Hal ini karena tangkai kacamata menekan otot yang ada di kepala, sehingga peredaran darah menjadi tidak lancar dan menyebabkan sakit kepala sebelah, apalagi jika hal ini dibiarkan dalam waktu yang lama. Oleh karena itu, pastikan untuk mengatur kekencangan tangkai kacamata dengan benar di optik yang terpercaya, ya.

Baca Juga: Mengobati Sakit Kepala Sebelah dengan Refleksi Kepala, Bolehkah?

Penggunaan inner hijab

Aksesoris lain yang juga menyebabkan sakit kepala adalah inner hijab atau yang dikenal dengan sebutan “ciput”. Inner hijab dengan ukuran yang terlalu kecil atau terlalu kencang yang membalut kepala Anda bisa saja menyebabkan rasa tidak nyaman, terutama di bagian telinga yang berujung membuat sakit kepala sebelah, baik kanan maupun kiri. Untuk mengatasinya, coba pilih inner yang lentur, tidak terlalu kencang, dan terbuat dari bahan katun. Selain itu, pastikan juga hijab yang kamu pakai tidak terlalu tebal dan diikat terlalu kencang baik menggunakan peniti atau jarum pentul, ya.

Menggunakan headphone dalam waktu yang lama

Seseorang yang terlalu lama menggunakan headphone atau headset juga memiliki risiko lebih tinggi mengalami migraine atau sakit kepala sebelah. Hal ini dikarenakan adanya tekanan yang seharusnya tidak terjadi secara alami di bagian telinga dan kepala. Pemakaian headphone atau headset dalam waktu lama hanya akan membuat kulit kepala dan telinga bagian dalam terkompresi, sehingga memicu sakit kepala atau memperburuk keluhan migraine yang diderita seseorang.

Penggunaan sling bag di satu sisi pundak

Sakit kepala sebelah yang diderita seseorang juga bisa dipicu penggunaan shoulder bag atau sling bag yang lebih sering digunakan di satu sisi bahu saja. Pada akhirnya, hal ini membuat keseimbangan berat pada tas tidak berada di titik tumpu bahu seperti tas ransel. Jika dilakukan secara terus-menerus, maka bisa menyebabkan nyeri pada salah satu sisi bahu yang memicu sakit kepala sebelah, baik kanan maupun kiri.

Selain dengan menghindari pemakaian aksesoris yang memicu sakit kepala sebelah, lakukan beberapa hal ini untuk meredakan keluhan yang Anda alami.

  • Memberikan pijatan ringan di area kepala yang terasa nyeri
  • Istirahat sejenak sambil melakukan peregangan dan minum cukup air mineral
  • Jika keluhan sakit kepala cukup mengganggu, Anda bisa meredakannya dengan minum obat sakit kepala sebelah yang mengandung Paracetamol dan juga propifenazon yang efektif cepat mengatasi migraine

Source: alodokter

Artikel Lainnya: Mengobati Batuk Pada Ibu Hamil, Bolehkah Minum Obat?