5 Tips Memperbaiki Postur Tubuh yang Buruk untuk Atasi Sakit Kepala Bagian Belakang

5 Tips Memperbaiki Postur Tubuh yang Buruk untuk Atasi Sakit Kepala Bagian Belakang

Rasa sakit di kepala bagian belakang dan juga leher yang Anda rasakan kemungkinan bisa terjadi karena postur tubuh Anda yang kurang baik. Pasalnya, postur tubuh yang kurang baik biasanya meningkatkan tekanan termasuk pada kepala di bagian belakang, pundak, dan leher. Lalu, bagaimana cara memperbaiki postur tubuh yang kurang baik ini? Simak tipsnya berikut ini!

Kepala dan Leher sering Ditekuk ke Depan

Seringkali tanpa sadar kita berjalan dengan kepala dan leher ditekuk ke depan. Hal ini bisa terjadi karena otot di belakang leher kaku, sehingga kepala cenderung selalu ditekuk. Jika dilakukan secara terus-menerus, tentu bisa menyebabkan sakit kepala bagian belakang. Untuk memperbaikinya, Anda bisa memosisikan dagu ke bawah mengarah ke dada. Setelah itu, coba renggangkan bagian belakang leher dan menggerakkan kepala ke kanan dan kiri atau memutar secara perlahan sebanyak 10 kali sehari.

Bahu Membungkuk

Bahu Anda membungkuk tiap kali duduk, berdiri, atau berjalan? Penyebabnya adalah karena sendi tulang selangka dan dada tidak seimbang. Untuk memperbaikinya, coba lakukan cara berikut ini.

  • Mengatur ketinggian meja dan kursi kerja sehingga Anda tidak perlu membungkuk saat bekerja
  • Membiasakan duduk tegak, di mana tulang leher dan punggung dalam satu garis lurus
  • Berjalan dengan tegak

Menghindari Tidur di Meja

Kurang tidur dan banyaknya pekerjaan di kantor seringkali membuat kita tertidur di meja tanpa sadar. Namun, tahukah Anda bahwa kebiasaan yang satu ini justru bisa membuat postur tubuh Anda semakin membungkuk, lho. Tak hanya menimbulkan nyeri punggung, keluhan ini juga bisa menyebar ke beberapa bagian tubuh lainnya jika dilakukan secara terus-menerus.

Baca Juga: 5 Tips Manajemen Waktu, Ampuh untuk Mengurangi Sakit Kepala Bagian Belakang

Memperbaiki Posisi Duduk Saat Menyetir Mobil

Posisi duduk yang baik saat menyetir mobil adalah dengan cara duduk tegak lurus, tidak mengunci kaki, dan menekuk lutut sama tinggi dengan pinggul. Hindari untuk menyetir mobil dengan menyilangkan kaki atau usahakan untuk mengatur posisi jok mobil dengan tepat, ya.

Tidur di Atas Permukaan yang Tidak Terlalu Keras atau Empuk

Atasi sakit kepala bagian belakang Anda dengan tidur dalam posisi terlentang di mana posisi leher, tulang punggung, dan tulang ekor dalam satu garis lurus, ya. Selain itu, pastikan juga alas tidur (kasur) yang Anda gunakan tidak terlalu keras atau empuk dan bantal yang tidak terlalu tinggi, sehingga tidak mengganggu postur tulang punggung dan leher Anda.

Olahraga Rutin

Olahraga memiliki banyak manfaat bagi tubuh, salah satunya adalah untuk mengatasi sakit kepala bagian belakang. Beberapa rekomendasi olahraga yang bisa Anda lakukan misalnya yoga dan pilates.

Selain dengan memperbaiki postur tubuh, atasi sakit kepala bagian belakang Anda dengan minum obat sakit kepala yang mengandung Paracetamol sebagai pereda nyeri, ya!

Source: CNN Indonesia