5 Tips Manajemen Waktu, Ampuh untuk Mengurangi Sakit Kepala Bagian Belakang

5 Tips Manajemen Waktu, Ampuh untuk Mengurangi Sakit Kepala Bagian Belakang

Mengurangi sakit kepala bagian belakang bisa kita mulai dengan mengubah pola dan kebiasaan hidup kita selama ini, salah satunya adalah dalam mengatur manajemen waktu. Kira-kira apa saja, ya?

Tidak melewatkan waktu sarapan

Sarapan merupakan hal yang penting untuk Anda lakukan sebelum memulai aktivitas di pagi hari. Pasalnya, dari sarapanlah tubuh mendapatkan asupan energi untuk dapat beraktivitas hingga siang hari. Melewatkan waktu makan bisa menimbulkan beberapa gangguan kesehatan, mulai dari sakit kepala hingga menurunnya daya fokus saat bekerja. Tak perlu sarapan yang terlalu berat, konsumsi saja makanan yang kaya akan protein, seperti telur, susu, atau roti di pagi hari.

Mengatur waktu bekerja

Langkah selanjutnya yang bisa membantu mengurangi sakit kepala bagian belakang adalah dengan mengatur waktu bekerja dengan baik. Jika saat ini Anda masih harus bekerja dari rumah, pastikan untuk mengatur waktu kerja sama seperti di kantor. Saat tiba waktunya istirahat makan siang, pergunakan waktu dengan baik untuk mengisi perut Anda dengan makanan sehat dan bergizi dengan porsi yang cukup. Setelah itu, Anda bisa melakukan gerakan peregangan di tengah aktivitas untuk mengurangi sakit kepala bagian belakang akibat pekerjaan yang cukup padat sebelum akhirnya kembali melanjutkan aktivitas hingga waktunya pulang kantor.

Tidur Cukup

Pada orang dewasa, waktu tidur yang disarankan adalah enam hingga delapan jam setiap malamnya. Tujuannya adalah agar badan bisa beristirahat sehingga kita bisa bangun dengan lebih segar keesokan harinya. Memiliki waktu tidur yang cukup juga bisa memberikan manfaat lainnya, mulai dari mencegah maupun mengurangi sakit kepala, meningkatkan daya tahan tubuh, dan juga meningkatkan kesehatan jantung Anda.

Baca Juga: 5 Gejala Migrain yang Membedakannya dengan Sakit Kepala Biasa

Menghindari Begadang

Manajemen waktu yang juga harus Anda lakukan adalah dengan menghindari begadang atau bekerja melebihi waktu yang ditentukan. Selain bisa memperparah sakit kepala bagian belakang, kebiasaan yang satu ini juga membuat tubuh terasa tidak segar saat bangun keesokan harinya, menurunkan daya ingat, dan pastinya membuat tubuh menjadi lemah dan gampang sakit.

Olahraga Rutin

Mengurangi sakit kepala bagian belakang juga bisa dilakukan dengan melakukan olahraga secara rutin setiap harinya minimal selama 30 menit. Tak perlu olahraga berat, beberapa olahraga seperti yoga dan pilates dipercaya mampu mengurangi sakit kepala yang dialami oleh seseorang, lho. Mau mencoba?

Selain dengan mengatur manajemen waktu, Anda juga bisa mengurangi sakit kepala bagian belakang dengan minum obat sakit kepala yang mengandung Paracetamol sebagai pereda nyeri, apalagi saat Anda sedang beraktivitas. Namun, pastikan pilih obat yang tidak menyebabkan kantuk ya, sehingga Anda dapat kembali beraktivitas setelah minum obat dan istirahat sekejap, deh.

Artikel Lainnya: Cara Meredakan Sakit Kepala dan Demam