5 Penyebab Sering Sakit Kepala Waktu Bangun Tidur

5 Penyebab Sering Sakit Kepala Waktu Bangun Tidur

Sebagian besar orang masih bertanya-tanya mengapa mereka sering sakit kepala waktu bangun tidur. Bahkan tidak jarang juga kalau sakit kepala ini juga disertai rasa lelah meskipun sudah mendapatkan jam tidur yang cukup. Kalau sudah begini, Anda pun jadi kurang bersemangat untuk menjalani rutinitas sehari-hari.

Namun, sebelum menyalahkan rasa pusing di kepala karena sudah merusak kualitas tidur dan kegiatan Anda, ada baiknya untuk mencari tahu bahwa mungkin saja gaya hidup, terutama kebiasaan tidur yang yang selama ini diterapkan menjadi penyebab utamanya. Selain kualitas tidur yang kurang baik, berikut ini beberapa penyebab lain yang bisa memicu seseorang akan merasa sakit kepala waktu bangun tidur.

Menggunakan bantal yang salah

Mungkin banyak yang tidak menyangka kalau ternyata pemilihan bantal untuk tidur itu sangat penting untuk menjaga posisi leher dan kepala pada saat tidur. Usahakan untuk selalu menjaga posisi leher dan kepala dalam posisi normal atau sejajar agar otot tidak tegang yang menyebabkan rasa pusing saat bangun tidur.

Tidur dalam ruangan yang terlalu dingin

Selain pemilihan bantal, penting juga untuk memerhatikan suhu ruangan saat tidur di malam hari atau dalam jangka waktu yang lama. Suhu ruangan yang terlalu dingin juga akan membuat otot leher dan kepala menjadi tegang. Jika hal ini berlangsung dalam waktu yang lama, maka akan menyebabkan rasa pusing di kepala.

Insomnia

Hal selanjutnya yang menyebabkan rasa pusing saat bangun tidur adalah insomnia atau kesulitan untuk tidur di malam hari. Tidur larut malam bahkan menjelang pagi hari sangat tidak dianjurkan, karena akan mengurangi jam tidur yang akan berpengaruh pada kesehatan, salah satunya adalah sakit kepala. Selain itu, terjaga hingga dini hari juga akan membuat seseorang lebih mudah mengalami stres dan mudah cemas.

Mendengkur

Tidak hanya bunyinya yang mengganggu, ternyata mendengkur juga memiliki dampak negatif lain yang cukup berbahaya. Menurut pakar kesehatan, mendengkur merupakan salah satu faktor terbesar munculnya sakit kepala saat bangun tidur dan juga merupakan gejala sleep apnea, yaitu kondisi di mana seseorang bisa berhenti bernapas saat tidur di malam hari.

Menggesekkan gigi saat tidur

Meski kedengarannya sangat sepele, namun menggesekkan gigi atau bruxism saat tidur di malam hari juga ternyata merupakan salah satu penyebab sakit kepala. Oleh karena itu, ada baiknya untuk mengurangi kebiasaan buruk yang satu ini agar Anda tetap merasa segar saat bangun tidur.

Jika Anda adalah salah satu orang yang sering sakit kepala saat bangun tidur, ada baiknya untuk menghindari beberapa hal di atas, ya!