4 Cara Mengobati Batuk Secara Alami yang Masih Dilakukan Hingga Sekarang

4 Cara Mengobati Batuk Secara Alami yang Masih Dilakukan Hingga Sekarang

Ada berbagai cara untuk mengatasi masalah kesehatan Anda, batuk misalnya. Bisa dengan pengobatan modern ataupun alami seperti obat-obatan herbal. Beberapa ‘resep’ obat herbal untuk mengobati batuk sudah diterapkan sejak dulu dan masih dipercaya hingga sekarang. Apa saja ya?

Asam jawa dan gula merah

Konon katanya, perpaduan dua bahan ini berkhasiat  untuk meredakan batuk dan rasa gatal pada tenggorokan. Caranya dengan mencampurkan asam jawa dan gula merah dalam segelas air hangat. Kemudian Anda bisa meminumnya dalam keadaan hangat.

Cabai jawa dan madu

Banyak yang mengatakan, kita perlu menghindari makanan pedas ketika sakit batuk. Namun hal ini tidak berlaku untuk cabai jawa. Bumbu dapur satu ini ternyata lazim digunakan untuk mengobati batuk. Caranya dengan menghaluskan cabai jawa dan mencampurnya dengan madu.

Rebusan daun pepermint

Kandungan mentol yang menyegarkan pada daun peppermint bisa membantu menghilangkan rasa gatal pada tenggorokan. Caranya, rebus daun peppermint kemudian dekatkan uap rebusan daun pada hidung untuk dihirup. Cara ini ampuh untuk meredakan batuk serta melancarkan gangguan pernapasan.

Daun sirih dan jahe

Daun sirih memang dikenal sebagai antiseptik dan antibakteri alami. Untuk mengobati batuk, coba rebus beberapa helai daun sirih dan campurkan dengan satu potong jahe sebagai minuman pereda batuk. Sifat antiseptik dan antibakteri yang dimiliki daun sirih juga dapat Anda manfaatkan untuk meredakan batuk kering dan gatal. Anda bisa merebusnya sebagai minuman pereda batuk.

Mengobati batuk dengan ramuan herbal yang sudah dipercaya turun-temurun memang sah-sah saja untuk dilakukan. Meski demikian meramu obat herbal sendiri memiliki beberapa kekurangan. Pertama, Anda mungkin kesulitan menetapkan takaran bahan-bahan agar hasilnya bisa memberi khasiat yang diharapkan. Kedua, obat herbal yang dibuat sendiri rasanya relatif kurang bersahabat di mulut.