Cara Menyembuhkan Batuk Tanpa Kantuk

Cara Menyembuhkan Batuk Tanpa Kantuk

Meski batuk sangat mengganggu, sebagian orang memilih untuk tidak langsung minum obat batuk. Alasannya? Mereka khawatir terserang ngantuk sehingga aktivitas pun menjadi terhambat. Untung saja kini ada solusi untuk mengobati batuk tanpa rasa kantuk.

  • Minum air hangat

Saat batuk, perbanyaklah minum air putih hangat. Rasa hangat akan memberikan rasa nyaman di tenggorokan sekaligus membantu mengencerkan dahak. Selain itu, jika Anda juga mengalami radang tenggorokan minum air hangat akan memberikan rasa nyaman dibandingkan jika Anda minum air dingin.

  • Oleskan balsam hangat

Mengoleskan balsam hangat di bagian dada, punggung, dan leher juga bisa memberika rasa nyaman pada penderita batuk, apalagi jika disertai oleh flu. Rasa hangat dari balsam bisa membantu melegakan pernapasan sehingga mengencerkan lendir yang ada di hidung.

  • Lakukan inhalasi

Inhalasi adalah cara yang cukup ampuh untuk mengencerkan dahak sehingga memudahkan Anda untuk mengeluarkannya. Namun perlu digarisbawahi bahwa setelah inhalasi dilakukan dan dahak menjadi lebih encer, maka biasanyaAnda akan batuk lebih sering. Di saat batuk itulah Anda harus memanfaatkannya untuk mengeluarkan dahak. Selain inhalasi dengan menggunakan nebulizer dan campuran obat dari dokter, Anda juga bisa melakukan inhalasi sederhana dengan menggunakan uap air panas yang dituangkan ke dalam baskom. Kemudia campurkan balsam secukupnya ke dalam baskom berisi air dan hirup dalam-dalam uapnya untuk melegakan hidung dan tenggorokan.

  • Minum Obat Batuk

Meski sudah melakukan penanganan batuk di atas, namun meminum obat memang cara yang ampuh untuk meredakan batuk. Memang kendalanya, sebagian obat batuk memiliki komposisi yang membuat Anda jadi mengantuk. 

Untuk batuk berdahak, cobalah untuk memilih obat yang mengandung kombinasi paracetamol, phenylephrine, glyceryl guaiacolate dan bromhexine, bekerja sebagai analgesik-antipiretik (penurun panas), dekosngestan (pelega) hidung, ekspektoran (pengeluaran dahak, dan mukolitik (pengencer dahak). Efektif mengencerkan dahak dan mengatasi rasa gatal di tenggorokan.

Sedangkan untuk batuk tidak berdahak, pilihlah obat dengan kandungan formula paracetamol, phenylephrine, dextromehorphan, bekerja sinergis untuk meredakan gejala flu seperti demam, hidung tersumbat dan bersin-bersin sekaligus mengatasi batuk tidak berdahak, kering dan terasa serak di tenggorokan.