Kondisi perut yang lapar memang bisa membuat Anda Sulit Tidur Nyenyak. Itu sebabnya sebagian orang kerap ngemil sebelum tidur (meskipun mereka sudah makan malam!). Jika cara ini memang bisa membuat Anda lebih mudah Tidur Nyenyak, tidak ada salahnya dilakukan. Namun perhatikan menu apa yang Anda pilih sebagai camilan malam hari. Sebab, beberapa jenis makanan justru tidak dianjurkan dikonsumsi menjelang jam tidur. Inilah jenis makanan yang perlu Anda hindari.

Burger

Makanan berlemak yang berat seperti burger membuat saluran pencernaan Anda bekerja keras sehingga bisa mengganggu ketika Anda mencoba untuk tidur. Sebuah studi baru-baru ini menemukan bahwa mengonsumsi terlalu banyak lemak jenuh bisa membuat tidur Anda kurang nyenyak dan lebih mudah terjaga.

Jus jeruk

Buah jeruk dengan rasa asam bisa menjadi masalah jika Anda memiliki kandung kemih yang sensitif. Cobalah ganti camilan buah Anda dengan apel misalnya. Karbohidrat yang terkandung dalam apel  bisa memudahkan Anda tidur.

Makanan pedas

Makanan pedas bukan hanya bisa menstimulasi selera makan Anda sebelum tidur tetapi juga bisa membuat perut mulas sehingga Anda lebih sulit tidur atau terbangun di tengah tidur.

Sereal manis

Semangkuk sereal sebelum tidur mungkin terasa seperti camilan ringan. Namun itu hanya berlaku jika Anda memilih sereal rendah gula dan kaya serat dengan rasa plain. Sedangkan jika Anda memilih sereal dengan rasa manis, lonjakan gula darah malah akan mengganggu hormon tidur Anda. Gawatnya lagi, jika Anda tak kunjung tidur setelah memakan camilan manis, Anda cenderung mencari energi lebih dengan cara mengonsumsi banyak makanan (khususnya gula).

Pizza

Menurut sebuah penelitian rasa asam yang terdapat pada saus tomat dapat menyebabkan sakit perut (Jangan heran jika Anda justru terbangun jam dua pagi karena perut yang mulas). Selain itu, pizza benar-benar lebih dari sekadar camilan sebelum tidur. ‘Makan malam kedua’ hanya akan menambah banyak kalori ekstra yang mungkin tidak dibutuhkan tubuh Anda.

ARTIKELTERKAIT

Tempo Scan Group (TSG) CSR COVID-19 – BNPB DONATION
03-April-2020

Tempo Scan Group (TSG) CSR COVID-19 – BNPB DONATION

Tempo Scan Group telah merealisasikan penyerahan bantuan kepada Badan Nasional Penanggulangan Bencana sejumlah Rp 10 Miliar untuk membantu mengatasi wabah .... read more
Penting Disimak, Ini Dia Gejala dan Pengobatan Flu dan Batuk di Cuaca yang Tidak Menentu
17-March-2020

Penting Disimak, Ini Dia Gejala dan Pengobatan Flu dan Batuk di Cuaca yang Tidak Menentu

Oleh karena itu, simak penjelasan mengenai gejala dan pengobatan flu dan batuk di cuaca yang tidak menentu berikut ini. .... read more
Makanan Pereda Flu dan Batuk, Mana Favorit Anda?
10-March-2020

Makanan Pereda Flu dan Batuk, Mana Favorit Anda?

Oleh karena itu, simak beberapa rekomendasi makanan pereda flu dan batuk yang bisa Anda konsumsi berikut ini. .... read more